Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENGADAAN TEMPAT SAMPAH ANORGANIK SEBAGAI AKSI NYATA PEDULI LINGKUNGAN
Tri Sugiarti Ramadhan, Vindha Ayu Novitasari

Last modified: 2022-01-18

Abstract


Permasalahan sampah saat ini tidak hanya menjadi permasalahan di kota-kota besar saja namun juga di desa-desa. Kebiasaan membuang sampah sembarangan, kurangnya kesadaran dalam memilah sampah sesuai jenisnya, serta kurannya kepedulian masyarakat tentang lingkungan hidupnya menjadi isu penting hampir di semua lapisan masyarakat. Hal ini sangat menyedihkan karena minimnya pengetahuan tentang sampah dan dampaknya. Perilaku buruk ini semakin parah disebabkan oleh minimnya fasilitas, sarana, dan prasarana kebersihan yang mudah dijangkau oleh masyarakat di tempat publik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi peduli lingkungan hidup berupa pengadaan tempat sampah anorganik dalam rangka program pengabdian kepada masyarakat Desa Grajagan. Bentuk kegiatan berupa pengadaan empat tempat sampah anorganik yang terbuat dari drum oli bekas yang dibagikan ke tempat-tempat publik. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengadaan tempat sampah anorganik ini dengan konsultasi sekaligus secara tidak langsung sosialisasi tentang pentingnya kesadaran membuang sampah berdasarkan jenis sampah dan menumbuhkan kepedulian lingkungan. Pengadaan tempat sampah ini dapat memberikan dorongan kepada masyaraat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengelola sampah dengan baik dan tepat. Selain itu, juga melatih kebiasaan membuang sampah pada tempat sampah sesuai dengan jenis sampahnya


Keywords


peduli lingkungan; sampah anorganik; desa grajagan

References


Rahmawati dkk. (2021). Sosialisasi Peduli Lingkungan dan Pencegahan Covid-19 Melalui Pengadaan Tempat Sampah, Hand Sanitizer, dan Tempat Cuci Tangan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 19-28.

Sari,M.M. & Umama, H.A. (2019). Patsambu (Tempat Sampah Bambu) untuk Peningkatan Kualitas Hidup Bersih dan Sehat Masyarakat di Desa Talaga, Kecamatan Mancak, Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 66-71.

Farkhan M., Zamron M., dkk. (2018). Pembuatan Bak Sampah untuk Peduli Lingkungan di Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 32-37.

Marliani, N. (2014).  Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Formatif, 4(2), 124-132.

Full Text: PDF | 1-7