Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENYULUHAN DAN WORKSHOP PEMBUATAN TEH KELOR PADA DESA JATIKALANG
Arista Wahyu Ningsih, Salsabilah Arifianti Putri, Wulan Amaliyah, Vieolitha Dhebira, Mochamad Nur Mashuda

Last modified: 2022-01-18

Abstract


Penelitian sebelumnya membuktikan bahwa kelor memiliki banyak manfaat antara lain mengurangi berat tubuh, menurunkan kadar gula, menghindari penyakit jantung, membuat rambut lebih sehat, membuat mata lebih sehat, menyembuhkan rematik, menyembuhkan herpes serta penyakit kulit, menyembuhkan penyakit semacam gangguan perut, gangguan usus, serta batu ginjal, meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan, antivirus dan dapat mengobati kanker. Dengan pembuatan teh   kelor, diharapkanpkan dapat membantu masyrakat menjaga sistem kekebalan tubuh bagi warga sekitar di Desa Jatikalang Krian Sidoarjo. Program penyuluhan dan pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan buat membagikan solusi alternatif bagi masyarakat untuk miningkatkan dorongan warga supaya lebih produktif serta inovatif dalam memanfaatkan daun kelor, mengetahui ilmu pengetahuan dan teknologi menghasilkan minuman teh yang terbuat dari daun kelor, Terampil dalam membuat teh yang terbuat dari daun kelor, Meningkatkan wawasan bisnis bagi warga Desa Jatikalang. Mitra program adalah ibu-ibu warga sekitar RT di Desa Jatikalang.  Adapun metode yang kami gunakan, yaitu offline dengan tujuan agar masyarakat dapat melihat dan mempraktikkan diri di rumah dengan sosialisasi yang kami jelaskan, kemudian setelah itu kami membagikan produk minuman teh dari daun kelor kepada masyarakat sekitar RT di Desa Jatikalang. Dengan pembuatan teh kelor diharapkan agar masyarakat Desa Jatikalang lebih memahami dan lebih memanfaatkan teh kelor untuk meningkatkan gaya hidup yang lebih sehat


Keywords


kelor; teh kelor; penyuluhan; workshop; jatikalang

References


Hardiyanthi, F. (2015). pemanfaatan aktivitas antioksidan daun kelor (Moringa Olliefera) dalam sediaan hand and body cream. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kholis, N. d. (2010). pengujian bioassay biskuit balita yang disuplementasi konsentrasi protein daun kelor (Moringa oleifera) pada model tikus malnutrisi. Jurnal Teknologi pertanian, Vol. 11 No 3.

Somantri, R. .. (2011). kisah dan khasiat teh. jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ningsih, AW, dkk. (2021). Penyuluhan pengolahan teh herbal peningkat imunitas tubuh di masa oandemi melalui aplikasi zoom. Jurnal of Community Service, Vo. 1 No. 1

Ningsih, AW, dkk. (2021). Pengolahan minuman teh herbal peningkat imunitas dengan komposisi jahe: kunyit: temulawak di desa Jembul kecamatan Katirejo Kabupaten Mojokerto. Prosiding seminar nasional Abdimas Ma Chung.

Full Text: PDF | 91-97