Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
EDUKASI KESEHATAN BERBASIS KETANGGUHAN KELUARGA SEHAT DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 BERBASIS TELEMEDICINE DAN MEDIA SOSIAL
Martina Kurnia Rohmah, Farida Anwari, Arif Rahman Nurdianto

Last modified: 2022-01-19

Abstract


Pandemi COVID-19 merupakan permasalah global yang saat ini sedang dihadapi oleh seluruh masyarakat dunia. Tingginya angka kasus baru dan kasus kematian akibat COVID-19 menjadi latar belakang perlunya pemahaman kepada masyarakat terkait dengan pemeliharaan kesehatan keluarga di masa COVID-19. Keluarga merupakan tatanan terkecil masyarakat yang terdiri dari anggota dengan berbagai usia dengan permasalahannya masing-masing. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Trosobo dan Pertapaan tentang kesehatan keluarga di masa pandemi yang dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi digital seperti telemedicine dan media sosial seperti youtube dan Whatsapp. Hasil kegiatan menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman masyarakat tentang kesehatan keluarga di masa COVID-19 di kedua desa Trosobo dan Pertapaan mencapai 40 – 60%


Keywords


pandemi; covid-19; telemedicine; kesehatan; keluarga

References


Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Telemedicine Antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Rohmah, M.K. and Nurdianto, A.R., 2020. Perspective of molecular immune response of SARS-COV-2 infection. Jurnal Teknologi Laboratorium9(1), pp.58-66.

Rohmah, M. K., Wahyuni, K. I., & Ambari, Y. (2021). Edukasi dan Pendampingan Dalam Pencegahan COVID-19 Memulai Aplikasi E-Health Pada Mahasiswa Stikes Rumah Sakit Anwar Medika dan Keluarga. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa4(1).

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Preciosa Alnashava, J. (2018). The Potential of Youtube As Educational Media for Young People (Potensi Youtube Sebagai Media Edukasi Bagi Anak Muda).

WHO. 2020. Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019.

Full Text: PDF | 53-59