Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PEMANFAATAN LIMBAH TERNAK KAMBING SEBAGAI PUPUK ORGANIK DI KELOMPOK TANI TERNAK "SUKA BHAKTI"
Nisa'us Sholikah, Rizal Ilmi Rahmatulloh, Rita Dewi Antika, Iqbal Wahid Muzadi, Moh Zulfikar Anwar, Prasetya Gusti Samiaji, Audrey Erlianti

Last modified: 2022-01-19

Abstract


Banyaknya peternak kambing di desa Ngajum menghasilkan limbah kotoran yang menumpuk. Kotoran tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan juga dapat meningkatkan penghasilan bagi peternak, sehingga kelompok KSM-T 63 berinisiatif untuk mengolah limbah tersebut menjadikan pupuk organik bersama kelompok tani ternak “Suka Bhakti” di Dusun Sumberjo Desa Ngajum Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Disamping memanfaatkan limbah ternak kambing menjadikan pupuk organik juga dapat mengurangi kebiasaan petani dalam penggunaan pupuk kimia ke pupuk organik limbah ternak kambing. Penggunaan pupuk organik dari limbah ternak kambing bertujuan untuk mengatasi pencemaran lingkungan. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari dua tahap; tahap pertama melakukan observasi dimana banyaknya limbah ternak kambing, tahap kedua yaitu, tahap kedua yaitu, tahap kedua adalah tahap pelaksaan dimana pembuatan pupuk organik bina tadi di buat. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu berupa pupuk organik padat yang berbahan dasar limbah kotoran ternak kambing.

Keywords


peternak kambing; limbah; pupuk organic; kelompok tani ternak

References


Darmasetiawan, Martin Ir. (2004). Daur Ulang Sampah Dan Pembuatan Kompos. Jakarta: Ekamitra Enginering.

Hartatik, W., L.R. Widowati. (2005). Pupuk Kandang. Dalam Sianungkait et al. (ed). Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. P.59-82. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian. Diakses 1 Maret 2021 pada http://balittanah.litbang.pertanian.go.id/ind/dokumentasi/buku/buku%20pupuk%20hayatipupuk%20organik/04pukan_wiwik.pdf

Nenobesi, D., Mella, W., Soetedjo, P. (2017). Pemanfaatan Limbah Padat Kompos Kotoran Ternak dalam Meningkatkan Daya Dukung Lingkungan dan Biomassa Tanaman Kacang Hijau (Vigna radiate L.) Pangan, 26,43-55.

Rahayu, T.B, Simanjuntak, B.H. dan Suprihati, (2014), Pemberian Kotoran Kambing Terhadap Pertumbuhan Wortel (Daucus Carota) dan Bawang Daun (Allium Fistulosum L) dengan Budidaya Tumpang Sari, 26(1), 52-60. https://doi.org/10.24246/agric.2014.v26.i1.p52-60.

Subekti, K. (2015). Pembuatan Kompos dari Kotoran Sapi (Komposting). Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sutedjo, M. M., 2002. Pupuk dan Cara Pemupukan, Rineka Cipta, Jakarta.

Full Text: PDF | 150-154