Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING PADA KELOMPOK BERMAIN SUNAN GIRI KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER PADA MASA PANDEMI COVID-19
Ratnasari Dwi Ade Chandra, Nike Norma Epriliyana

Last modified: 2022-01-22

Abstract


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berbentuk pendampingan manajemen pembelajaran daring pada Kelompok Bermain Sunan Giri Kecamatan Balung Kabupaten Jember pada masa pandemi COVID-19. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran.  Pendampingan berlangsung kurang lebih 1 semester, terhitung mulai bulan Januari hingga Juni 2021. Metode pelaksanaan terdiri dari (1) merencanakan pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran; (3) Evaluasi hasil pembelajaran. Hasil kegiatan menyimpulkan bahwa dengan adanya pendampingan manajemen pembelajaran di masa pandemi COVID - 19, dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra selama kegiatan pembelajaran daring berlangsung. Dalam merencanakan pembelajaran, telah dilakukan revisi terhadap RPPH, RPPM, PROSEM; materi pembelajaran menggunakan video pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi WhatsApp grup. Sedangkan evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh orang tua dan divalidasi oleh guru. Hasil penilaian capaian perkembangan anak, dari 6 aspek perkembangan, aspek sosial emosional kurang berkembang karenan minimnya interaksi dengan teman sekolah

Keywords


pendampingan manajemen; pembelajaran daring; pandemi covid-19

References


Afiyah.(2021).Media Pembelajaran Daring yang Efektif di Masa Pandemi Covid-19. Artikel Kompasiana. Edisi 24 Mei 2021.   https://www.kompasiana.com/afiyah43364/5f9a4ca1d541df19cb32d352/media-pembelajaran-daring-yang-efektif-di-masa-pandemi-covid-19. Tanggal Akses Juni 2021.

Angga, Dita. (2020). Zona Merah dan Oranye dilarang Membuka Kelas Tatap Muka. Okezone. Edisi 11 Agustus 2020. Zona Merah dan Oranye Dilarang Menggelar KBM Tatap Muka : Okezone Nasional. Tanggal Akses Januari 2021.

Danuarta. (2021). "Manfaat Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19". Artikel 2 Agustus 2021. https://www.kompasiana.com/ranggadanuarta/610581a615251060e954d912/manfaat-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19. Tanggal Akses September 2021.

Febriyanti.2021. Tantangan Kompetensi Guru di Era Pandemi. Republika.Edisi 4 Oktober 2021. Tantangan Kompetensi Guru di Era Pandemi (republika.co.id). Tanggal Akses 1 November 2021

Handoyo.(2020). UNESCO: Wabah virus corona ancam pendidikan 300 juta siswa. Artikel. UNESCO: Wabah virus corona ancam pendidikan 300 juta siswa (kontan.co.id). Edisi 23 Maret 2020.

Kusumawati. (2016). Supervisi Kepala Sekolah terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. Jurnal Satya Widya, Vol  32, No. 1. Juni 2016. View of SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD (uksw.edu) Tanggal Akses 12 Januari 2021.

Laily, Riska Nur. 2020. Pembelajaran Daring di Jember Tak Maksimal berikut 3 Faktanya. Artikel Merdeka.com. Edisi 12 November 2020. Pembelajaran Daring di Jember Tak Maksimal karena Ini, Berikut 3 Faktanya | merdeka.com. Tanggal Akses Januari 2021

Permendikbud  137  Tahun  2014

Satrianingrum dan Prasetyo. (2021). Persepsi Guru Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi. Vol.5, Issue 2, 2021.

Sudarti. 2021. Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Efektifkah?. Artikel Republika. Edisi 23 September 2021. Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19, Efektifkah? (republika.co.id). Tanggal Akses Oktober 2021.

Surahman, dkk. 2020. Tantangan Pembelajaran Daring Di Indonesia. Jurnal Kelola: Islamic Education Management. Vol 5, No. 2, Edisi Oktober 2020.  https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelola/. Tanggal akses Januari 2021.

Verawardina, U., & Jama, J. (2018). Philosophy TVET di era derupsi revolusi industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(3), 104–111.

 


Full Text: PDF | 459-471