Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENGENALAN DIGITAL MARKETING MELALUI APLIKASI “TIKTOK” SEBAGAI SARANA PENGUATAN BUMDES DI DESA KUCUR
Sultan Arif Rahmadianto, Aditya Nirwana, Ayyub Anshari Sukmaraga

Last modified: 2022-01-21

Abstract


Pada era modern dan serba digital seperti saat ini, manusia dituntut untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Hal ini dikarenakan pengaruh perkembangan teknologi yang begitu pesat telah merubah peradapan manusia secara global. Pendekatan “tradisional” yang biasa digunakan sudah tidak relevan dalam mengatasi permasalahan yang kompleks. Permasalahan dalam bidang usaha salah satunya pada sektor pemasaran atau marketing juga membutuhkan peran teknologi untuk bisa diselesaikan secara efektif dan efisien. Semua bidang usaha sangat bergantung pada marketing sebagai ujung tombak kesuksesan. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Kucur, salah satunya desa wisata Lembah Gunung Sari (LGS) memiliki permasalahan dalam pengembangan potensi wisata khususnya dibagian marketing di era digital dan pandemi covid 19. Digital marketing adalah strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Strategi ini memiliki peran penting sebagai sebuah solusi atas permasalahan marketing BUMDes di Desa Kucur. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan digital marketing melalui aplikasi “tiktok“ sebagai sarana penguatan BUMDes di Desa Kucur. Metode pelaksanaan yang dilakukan melalui kegiatan terstruktur dengan peserta terbatas yang dikoordinir oleh 1 perwakilan pengelola BUMDes dengan durasi 8 Bulan. Kegiatan terstruktur terbagi dalam dua skema kegiatan, pertama adalah kegiatan pelatihan dengan tema digital marketing melalui aplikasi tiktok kemudian yang kedua adalah kegiatan pendampingan dengan luaran adalah video konten promosi melalui aplikasi tiktok. Hasil dan manfaat dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya wawasan, pengetahuan dan ketrampilan masyarakat khususnya di Desa Kucur tentang digital marketing BUMDes menggunakan aplikasi tiktok. Saran untuk kegiatan selanjutnya adalah terus mensosialisasikan tentang pentingnya digital marketing bagi BUMDes


Keywords


digital marketing; BUMDes; Desa Kucur; tiktok

References


Febrian, R. (2021). Dampak dalam Perkembangan Era Digital di Indonesia - #DigitalBisa. Retrieved November 6, 2021, from https://digitalbisa.id/artikel/dampak-dalam-perkembangan-era-digital-di-indonesia-vOFLe

Jurnal.id. (2021). Digital Marketing: Pengertian dan Strategi Penerapan Bisnis. Retrieved November 6, 2021, from https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

Rahmawati, A. E. (2020). 7 Alasan Mengapa TikTok Menjadi Aplikasi Populer - Virenial. Retrieved November 6, 2021, from https://www.virenial.com/tekno/vr-211/7-alasan-mengapa-tiktok-menjadi-aplikasi-populer

Riadi, Y. (2021). Ini yang Membuat TikTok Lebih Unggul Dari Instagram - Selular.ID. Retrieved November 6, 2021, from https://selular.id/2021/01/ini-yang-membuat-tiktok-lebih-unggul-dari-instagram/

Full Text: PDF | 327-333