Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENDAMPINGAN PEMASARAN DAN PRODUKSI INDUSTRI RUMAHAN PENGRAJIN TAS DI LELES KABUPATEN GARUT MENUJU UMKM MANDIRI
Deddy Saefuloh, Tomy Andrianto, Iwan Mulyawan, Eddy Syah, Sholihati Amalia, Sudradjat Sudradjat

Last modified: 2022-01-21

Abstract


Pandemi Covid-19 jelas memiliki dampak negatif pada aspek sosial ekonomi masyarakat selama ini. Salah satunya terhadap UMKM industri tas rumahan yang mendapatkan pengurangan bahkan penghentian orderan maklun tas sekolah dari pabrik tas karena berhentinya kegiatan belajar mengajar. Permintaan pasar yang ada saat ini bukan model standar yang biasa dibuat, termasuk keterbatasan akses pasar, merk dan pemahaman produk terkait kebutuhan dan keinginan pasar belum sama sekali dipahami pengrajin. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi produksi dan pemasaran sehingga para pengrajin bisa naik kelas bukan hanya sebagai penjahit tapi juga bisa menjadi produsen tas dengan merk dan kualitas sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen. Metode pelaksananan pengabdian masyarakat ini adalah Pendampingan kegiatan berupa pelatihan produksi dan pemasaran yang mencakup pembuatan merk, promosi melalui media sosial, survey kebutuhan bahkan sampai ke tahap pembuatan prototipe tas telah dilakukan. Hasilnya merk L-Gar terpilih dari singkatan “Leles Garut” dan terdapat dua pengrajin yang berhasil mempromosikan tas melalui media sosial Instagram dan membuat tas sekolah sesuai hasil survey. Kendala waktu dan fasilitas gawai yang tersambung dengan internet, ditambah tingkat pendidikan rendah menjadi kendala dalam proses pendampingan. Kedepan bimbingan produksi dan pemasaran akan tetap dilakukan untuk memastikan para pengrajin mampu memproduksi tas yang sesuai dengan kebutuhan dan mempromosikannya melalui media sosial

Keywords


UMKM; pengrajin tas; akses pasar, survey kebutuhan, promosi, media sosial

References


Akbar, F. G., Amani, H., Wulandari, S. (2020) Perancangan atribut produk tas Scratchline berdasarkan prefernsi konsumen mengguakan metode conjoint analysis. E-proceeding of engineering, vol.7, no.2.

Crawford, C.M. (2015), New Products Management 11th Edition McGraw-Hill Education. New York

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles Of Marketing. United Kingdom: Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles Of Marketing. United Kingdom: Pearson Education

Rizani, N. C., & Satria, A. (2013). Identifikasi Kebutuhan Pelanggan Dalam Perancangan Dan Pengembangan Konsep Tas Backpack Yang Ergonomis Dan Multifungsi. Jurnal Teknik Industri, 3(1), 36–45. https://doi.org/10.25105/jti.v3i1.1584

Satriadi, Meirizha, N., & Darmawan, F. (2016). Perancangan Tas Ransel Yang Ergonomis Untuk Pencegahan Rasa Nyeri Pada Punggung. Prosiding 1 Th Celscitech-UMRI2016, 1(2541–3023), 102–111.


Full Text: PDF | 334-342