Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN MASYARAKAT DESA MENDALANWANGI MELALUI PENGOLAHAN POTENSI LOKAL TELUR ITIK
Nuril Nikmatuz Zahro, Alfindo Agung Setiawan, Yogy Pratama, Maria Korsini Bagus, Muhammad Wildan Habibi, Icha Ayu Saputri, Yahya Zakaria, Enike Dwi Kusumawati

Last modified: 2022-01-19

Abstract


Desa Mendalanwangi memiliki banyak potensi, namun potensi desa menurun sejak adanya pandemi.  Terutama potensi di bidang peternakan. Kegiatan PHP2D di Desa Mendalanwangi bertujuan untuk mengembangkan kembali potensi peternakan yang menurun dengan meningkatkan produksi peternakan itik. Pencapaian tujuan tersebut dilakukan dengan persiapan tim dan khalayak tujuan untuk menetukan prioritas kegiatan berdasarkan kondisi dan potensi yang ada di masyarakat. Setelah prioritas kegiatan dientukan selanjutnya melakukan pelatihan kegiatan di lapangan, kemudian dilaksanakannya lokakarya dengan tujuan untuk tetap mempertahankan kemajuan potensi yang telah diterapkan. Dengan adanya program ini mampu meningkatkan produksi peternakan itik, meningkatkan jiwa wirausaha peternak dan sensitif terhadap peluang pasar, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam mengelola dan mengembangkan potensi peternakan yang dimiliki terutama dalam hal manajemen peternakan dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal sehingga dapat berproduksi secara optimal dan berkelanjutan.


Keywords


potensi; peternakan; produksi; berkelanjutan

References


Astawa, P.A, Atmika K.A, Komaladewi A.A.A.S. (2016). Pemberdayaang Masyarakat Dalam Pengelolaan Potensi Desa Di Bidang Pertanian, Peternakan dan Home Industry Menuju Daerah Wisata Mandiri. Udayana Mengabdi 17(2) : 2.

Hikmat, Harry. (2001). Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung, Humaniora Utama Press.

Purba, Jusnita Nuriati. (2008). Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun. Universitas Sumatra Utara.

Sumodiningrat, Gunawan. (1997). Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta, Bina Rena Pariwara.

Sondakh, R. D., F. S. Oley, B. F. J. Sondakh, A. S. Sajow. (2019). Pengaruh Penyuluhan terhadap Peternak Sapi di Kecamatan Kawangkoan Barat. Zootec. 39(2): 371-379.


Full Text: PDF | 161-171