Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
OPTIMALISASI FUNGSI SENTRAL MASJID DALAM MEMBANGUN DAN MEMBINA GENERASI MUDA BERPENDIDIKAN AL-QUR’AN
Humaidi Kaha, Retno Agus Winanti, Putri Nailatul Iqna’ah, Rani Maysaputri, Farhana Farhana

Last modified: 2022-02-07

Abstract


Pembangunan Generasi muda yang tangguh dan berkarakter merupakan harapan bersama yang konstruktif, hal tersebut sebagai bentuk upaya perhatian dan pemberdayaan masyarakat di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu melalui program pendampingan pendidikan berbasis masjid merupakan layanan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan. Masjid Utsmaniyyah tepatnya yang berlokasi di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu tidak hanya sebagai tempa ibadah umum namun difungsikan juga sebagai kegiatan sosial dan kegiatan pendidikan bagi warga sekitar mengingat mayoritas adalah masyarakat muslim. Bentuk-bentuk program pendampingan antara lain: (1) program mengajar ngaji anak-anak, (2) program kajian remaja, (3) program pengajian bapak-bapak, (4) program Tebar Al-Qur’an. Dengan demikian, keberadaan masjid Utsmaniyyah berfungsi sebagai sentral pusat aspirasi kaum muslimin. Masjid ini berlokasi di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu melalui peran Dewan Kemakmuran Masjidnya (DKM) telah mampu menanamkan Pendidikan Islam bagi semua usia, meningkatkan kesehjateraan dan kesehatan Masyarakat sekitarnya, memunculkan kecintaan dalam pentingnya pendidikan al-Qur’an dan berjiwa Qur’ani. Pemberdayaan Mayarakat di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu melalui program pendampingan pendidikan berbasis masjid telah melahirkan perubahan perilaku positif pada penerima manfaat dan berimplikasi terhadap meningkatnya kesehjateraan dan kesehatan warga di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, hal ini yang kemudian dilakukan follow up oleh mahasiswa/i praktek Kandidat Sarjana mengabdi kampus Unisma Malang melalui program pengabdian dan pengembangan


Keywords


generasi muda; masjid; program pendidikan, al-qur’an

References


Ginanjar, M. H. (2018). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(01), 2.

Ginanjar, M. H. (2020). Laporan PKM Kolaboratif. Bogor: LPPM Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah (Pertama). LPPM.

Hafiduddin,Didin dan Hendri Tanjung (2003). Management Syariah dalam praktik. Jakarta : Gema Insani

Kartono. (2010) Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Rajawali Pers

Muhtadi. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid Terhadap Perubahan Perilaku Penerima Manfaat Program. Dialog, 41(2), 167–179.

Yani, Ahmad. (2008) Materi Khutbah Jumat Setahun. Depok : Al Qolam

Nurjamilah, C. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid dalam Perspektif Dakwah Nabi Saw. Journal of Islamic Studies and Humanities, 1(1), 93–119.

Putra, P. D., Nasir, M., & Rozaini, N. (2018). Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pendidikan, Pemberdayaan Ekonomi, Peningkatan Sarana Dan Prasarana Serta Kesehatan Di Kota Gunung Sitoli. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(23), 776–786.

Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 82– 98.

Udin Rosidin, I. S. (2018). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sheat (PHBS) Tatanan Rumah tangga di RW 14 Desa JayaRaga Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 68–74.

Widianto, E., Santoso, D. B., Kardiman, K., & Nugraha, A. E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat tentang Pemanfaatan Tanaman Saga (Abrus Precatorius L) di Desa Tanahbaru Pakisjaya Karawang. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 63–69.

Full Text: PDF | 271-280