Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
MEMBERDAYAKAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI MASYARAKAT MELALUI PROGRAM ANGSURAN JAMBAN SEHAT
Rina Rahmawati, Bunyamin Bunyamin, Siti Munfaqiroh, Yupono Bagyo, Widanarni Pudjiastuti, Lindananty Lindananty, Wiyarni Wiyarni, Eko Sudjawoto

Last modified: 2022-01-24

Abstract


Pertambahan jumlah penduduk yang tidak sebanding dengan area permukiman yang ada menimbulkan masalah meningkatnya pembuangan kotoran manusia. Dilihat dari segi kesehatan masyarakat, masalah pembuangan kotoran manusia merupakan masalah pokok untuk sedini mungkin diatasi. Untuk mencegah kontaminasi terhadap lingkungan, maka pembuangan tinja manusia harus dikelola dengan baik, yaitu menggunakan jamban yang dikategorikan sehat. Banyak masyarakat yang menggunakan jamban yang tidak memiliki tangki septik dan dapat mencemari sumber air. Tujuan diadakan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menambah pengetahuan dan mengubah perilaku warga di kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Malang, tentang pembuangan tinja pada jamban yang tidak sehat dapat merusak estetika dan dapat menjadi sumber penyakit. STIE Malangkucecwara Malang mendukung pemerataan masyarakat untuk menggunakan jamban sehat di masing-masing rumah. Program angsuran jamban sehat ini menargetkan sebanyak 253 Kepala Keluarga (KK) di kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Malang, sebagai implementasi dari Program Bhakti STIE Malangkucecwara.

Keywords


sanitasi; kesehatan keluarga; program angsuran

References


Atikah Proverawati, Eni Rahmawati. 2012. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.

Barenglitbang. 2014. Dokumen Buku Putih Sanitasi. Malang

Dep.Kes RI. 1999. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 829/Menkes/SK/VII/1999. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dinas Kesehatan Kota Malang. 2016, 2020.

Kasjono, Heru Subaris. 2011. Penyehatan Pemukiman. Yogyakarta: Gosyen.

Masjuniarty. 2010. Perilaku Masyarakat tentang Pemanfaatan Jamban Keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Canga di Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Sanropie, Djasio, dkk. 2005. Pengawasan Penyehatan Lingkungan Permukiman. Jakarta: Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Proyek Pengembangan Pendidikan Tenaga Sanitasi Pusat.

UU.RI No.4. 2011. Perumahan dan Permukiman. Jakarta: RI.

Full Text: PDF | 186-192