Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENDAMPINGAN PADA PETANI TANAMAN HIAS BONDOWOSO DALAM MENERAPKAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN TERHADAP KEGIATAN USAHA
Sri Redjeki

Last modified: 2022-01-22

Abstract


Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah petani tanaman hias yang bergabung dalam Asosiasi Petani Tanaman Hias Bondowoso. Tujuan kegiatan memberikan wawasan tentang pentingnya penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam manajemen keuangan pada kegiatan usaha. Kegiatan yang dilaksanakan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu  survei pendahuluan, penyuluhan dan pelatihan singkat, serta pedampingan. Tahap pertama dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengetahuan para peserta dan menentukan tema dan materi penyuluhan. Tahap kedua melaksanakan penyuluhan dan pelatihan singkat tentang “Penyusunan Buku Kas Sederhana dan Buku Persediaan”. Pada tahap ketiga pelaksana melakukan pedampingan kepada para peserta dalam mempraktekkan hasil penyuluhan. Hasil dari pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan singkat adalah bertambahnya pengetahuan para peserta tentang penyusunan buku kas dan buku persediaan. Para peserta juga dapat memahami materi dengan baik serta mampu mengerjakan soal latihan yang disajikan. Pada tahap pendampingan, ditemukan beberapa hambatan yang dihadapi oleh para peserta dalam menerapkan materi pelatihan pada kegiatan usaha mereka. Pertama, para peserta tidak memiliki cukup waktu untuk melaksanakan kegiatan pencatatan secara rutin karena waktu kerja digunakan untuk berbudidaya tanaman hias dan tidak memiliki karyawan.  Kedua, dalam mencatat persediaan juga masih belum bisa dilaksanakan dengan baik mengingat jenis dan jumlah tanaman yang cukup banyak. Upaya mengatasi hal tersebut adalah menyarankan kepada peserta untuk selalu membawa buku catatan pada saat bekerja agar setiap transaksi dapat segera dicatat. Peserta juga perlu meluangkan waktu setiao hari untuk mencatat kembali segala transaksi yang ada ke dalam buku kas dan buku persediaan


Keywords


fungsi-fungsi manajemen;,kegiatan usaha; petani tanaman hias

References


Anggawirya, Erhans. 2014. Akuntansi Berdasarkan Prinsip Akuntansi Indonesia. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali.

Djunaedi, Uken. 2011. Pembukuan Super Simpel : Langkah Demi Langkah Membuat Pembukuan Sederhana. Yogyakarta: MedPress.

Fatwitawati, Reni.  2018. Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Sembadha 2018 : Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Penerbit Politeknik Keuangan Negara STAN. 225-229.

La Ode Turi. 2014. Akuntansi Koperasi Suatu Tinjauan, Konsep dan Aplikasinya. Kendari: Unhalu Press.

Musthafa. 2017. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Widayanti, Rochmi. Ratna Damayanti, Fithria Marwanti. 2017. Pengaruh Financial Literacy Terhadap Keberlangsungan Usaha ( Business Sustainability ) Pada UMKM Desa Jatisari. Jurnal Manajemen & Bisnis Vol.18 No.2. 153-163.

www.ilmu-ekonomi.id.com. Menyusun Laporan Persediaan Barang. Diakses pada 10 November 2020, dari https://www.ilmu-ekonomi.id.com.

Full Text: PDF | 403-408