Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022

Font Size: 
PENDAMPINGAN PEMBUATAN PRODUK, PACKAGING, DAN PELABELAN MIE BASAH YUMMIE
Dewi Endah Fajariana

Last modified: 2023-01-09

Abstract


Upaya pendampingan perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk, packaging, dan pelabelan produk disektor usaha kecil sehingga akan memudahkan untuk memasarkan dan mengenalkan brand produk pada konsumen di kecamatan Kemayoran Lama. Salah satu produk yang paling banyak diminati dan dikonsumsi oleh masyarakat di wilayah tersebut adalah mie basah, yang selama ini hanya diproduksi dalam skala kecil dengan daya tahan yang pendek hanya 1 smp 2 hari, dan hanya dikemas dengan menggunakan kantong plastik ketika ada konsumen yang melakukan pembelian. Metode pendampingan yang dilakukan yakni mendampingi proses pembuatan mie dengan memberikan bahan pengawet alami yaitu kalsium propinat, mengemasnya dengan menggunakan plastik yang dipress, kemudian diberi label. Kelurahan Pondok Pinang memiliki potensi pengembangan usaha mie basah karena tingkat konsumsi mie basah di wilayah tersebut dan sekitarnya cukup tinggi. Oleh sebab itu, tim tertarik untuk memberikan pendampingan pada usaha kecil yang memproduksi mie basah guna meningkatkan kualitas produk, packaging, dan pelabelan sehingga produk mudah didistribusikan dan memiliki brand yang mudah dikenal oleh konsumen.

Keywords


pembuatan produk; packaging; pelabelan

References


Durianto, Darmadi. (2019). Digitalisasi UMKM tak Mudah. Diakses tanggal 29 Oktober 2022 pada laman: https://www.indotelko.com/read/1573428039/digitalisasi-umkm

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 14 Jakarta: Erlangga.

Koswara, S. (2009). Teknologi Pembuatan Mie. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Nanda, Julia. (2017). Pengaruh Konsentrasi Kalsium Propionat dan Lama Penyimpanan Terhadap Mutu Mie Basah. Diakses tanggal 29 Oktober 2022 pada laman: https://core.ac.uk/display/141857696

Rahmawati, Edy. (2016). E-Marketing : Strategi Pemasaran Ukm Berbasis Teknologi Informasi Untuk Menembus Pasar Global, Seminar Nasional IENACO–2016 ISSN: 2337 – 4349. Management Department, Faculty of Economics & Business, University Of Mataram.

Rahmawati, F. (2013). Pengemasan dan Pelabelan. Diakses tanggal 29 Oktober 2022 pada laman: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/fitri-rahmawati-mp/pengemasan-dan-pelabelan.pdf

Rizaty, M.A. (2021). Indonesia Konsumsi 12,6 Miliar Porsi Mie Instan pada 2020. Diakses tanggal 29 Oktober 2022 pada laman: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/18/indonesia-konsumsi-126-miliar-porsi-mi-instan-pada-2020




Full Text: PDF | 13-18