Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022

Font Size: 
PENDAMPINGAN PEMBUATAN DAN PEMASARAN SALOME KHAS BIMA DI KOMUNITAS KKPMB UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA MAHASISWA DI MALANG
Kurniati Kurniati, Eka Farida

Last modified: 2023-01-09

Abstract


Di era persaingan yang semakin ketat ini, perusahaan yang dapat bertahan adalah perusahaan yang mengerti dan memenuhi keinginan konsumen. Untuk itu, perusahaan harus terus berusaha mengoptimalkan seluruh proses bisnisnya agar lebih efektif dan sesuai dengan keinginan, sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Adapun tujuan saya membuat usaha baru ini yaitu melakukan pendampingan pembuatan dan pemasaran salome bima di komunitas KKPMB untuk meningkatkan penjualan terhadap suatu produk pangan untuk meningkatkan perekonomian, dan memberikan gambaran contoh usaha pada komunitas KKPMB  agar mereka  tidak hanya sekedar kuliah saja tetapi kita juga bisa kuliah sambil usaha. Metode yang digunakan meliputi persiapan, pemantapan riset pasar, formulasi produk, strategi pemasaran dan desain iklan produk  yang dilakukan secara online dan offline. Produk yang saya tawarkan khusunya pada komunitas KKPMB berupa salome yang memiliki dua varian tambahan yaitu salome isi cabai dan salome goreng selain salome original, serta dilengkapi dengan saos pedas dan manis.


Keywords


pembuatan dan pemasaran; salome; penjualan

References


Boyd H. W., O. C. Walker, and J. C. Larreche,(2000) “Manajemen pemasaran suatu pendekatan strategis dengan Orientasi Global,”.

Farisi, S, (2018) “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,”

Jain, Monika, 2012, Social Entrepreneu rship – Using Business Methods to Solve Sosial Problems: The Case of Kotwara, Decision, Vol.39, No.3.

Rachmawati, R, (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) Terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis   restoran).jurnal kompetensi teknik 2 (2).

Saragih, Rintan, (2013). Berwirausaha Cerdas, Inspirasi bagi kaum muda,     Yogyakarta;   Graha Ilmu.

Sumarni M. and J. Soeprihanto( 2010) “Pengantar Bisnis (dasar-dasar ekonomi perusahaan),” Ed. ke, vol. 5.

Wawan D., Hendrati, D, M., Anggraeni, P., Grisns, A., Indriyani, A, (2013), Inovasi dan Kewirausahaan Sosial. Panduan Dasar Menjadi Agen Perubahan,    Bandung; Alfabeta.

Full Text: PDF | 25-30