Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022

Font Size: 
PENDAMPINGAN PEMBUATAN VIDEO KONTEN MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN WANTEX MUNA MAKMUR DI KENDARI SULAWESI TENGGARA
Nuriati Nuriati, Eka Farida

Last modified: 2023-01-09

Abstract


Wantex Muna Makmur adalah nama sebuah usaha yang bergerak dibidang penjualan secara online terhadap produk Wantex Wenter Pakaian Padi Gunting. Dalam pemasaran promosi produk ini menggunakan aplikasi WhatsApp, Facebook dan Marketplace. Untuk meningkatkan penjualan Wantex Muna Makmur ini maka harus membuat video konten marketing yang lebih menarik dari yang sebelumnya berupa foto produk wantex untuk video konten marketing. Pelaksanaan kegiatan pendampingan pembuatan video konten marketing dilaksanakan di salah satu rumah anggota dari Wantex Muna Makmur tepat di lorong Salangga Jln. H.E.A Mokodompit Kecamatan Kambu Kota kendari Sulawesi Tenggara. Tahap kegiatan pendampingan pembuatan video konten marketing meliputi persiapan alat dan bahan, tahap pengambilan foto dan video, proses pengumpulan data, tahap pengeditan video. Berdasarkan hal tersebut, maka disusunlah konsep pendampingan untuk pembuatan video konten marketing pada usaha Wantex Muna Makmur. Hasil dari kegiatan ini adalah pembuatan video konten marketing sangat penting dalam sebuah dunia pemasaran online. Dalam melakukan promosi produk, video konten marketing yang berkualitas dapat menarik perhatian pelanggan bahkan membuat rasa penasaran mereka terhadap produk wantex yang ditawarkan. Dan ini akan berdampak baik terhadap peningkatan penjualan Wantex Muna Makmur. Manfaat yang dirasakan oleh Wantex Muna Makmur itu sendiri terbangunnya image dari produk Wantex Muna Makmur dimedia sosial dan memudahkan dalam  melakukan promosi kapanpun dan dimanapun, yang dibutuhkan hanyalah konekasi internet dan smartphone kecil untuk membuat  konten video marketing.


Keywords


wantex muna makmur; video konten marketing; penjualan

References


Gumilang, R. R., (2019). Implemetasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan     Penjualan Hasil Home Industri, diakses pada tanggal 11 November 2022 pada laman https:// journal.ikopin.Ac.id/index.php/cooptition/article/

Wibisono, Y. P., (2021). Pendampingan dan Pembuatan Konten Video untuk Mendukung Pemasaran melalui Media Sosial Bagi UMKM Fashion, diakses pada tanggal 13 November 2022 pada laman https://www.researchgate. net/publication/355714808_

Febriyanto, M.T., dan Arisandi, D., (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Diakses pada tanggal 13 November 2022 pada laman https://ejournal. Stiedewantara.ac.id/index.php/JDM/article/view/175

Full Text: PDF | 31-36