Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022

Font Size: 
PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI MASYARAKAT MELALUI KEMAJUAN UMKM
Novi Diah Wulandari, Winike Kushindrajati Aprilia, Agustina Mayangsari, Budi Sutiono Pratama Nugraha

Last modified: 2023-01-11

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu motor penggerak pembangunan ekonomi masyarakat pedesaan. Kehidupan masyarakat dapat ditingkatkan dengan menggunakan sumber daya yang ada. Namun, masyarakat perlu memahami teknologi saat ini dan dengan menggunakan teknologi yang ada akan memudahkan mereka dalam berbisnis. Melakukan bisnis secara bersamaan di satu tempat menciptakan banyak celah di antara penjual, sehingga rencana program ini diterapkan untuk mengatasi hal tersebut. Rencana kerja yang dilaksanakan adalah menerapkan pemesanan online dan meningkatkan kemampuan pemasaran dengan menggunakan teknologi yang ada. Selain itu, para pelaku UMKM didampingi dan dilatih untuk memanfaatkan smartphone mereka. Hasilnya, para pelaku UMKM Desa Wisata Taman Benteng Mataram dapat meningkatkan keterampilan digital marketing dan memanfaatkan teknologi dengan lebih baik serta hilangnya rasa kecemburuan antar penjual.


Keywords


UMKM; pemesanan online; digital marketing; desa wisata

References


Administrator. (2022). Segala Upaya untuk Kebangkitan Pariwisata. Portal Informasi Indonesia. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/4273/segala-upaya-untuk-kebangkitan-pariwisata?lang=1

Annur, C. M. (2022). Persentase Penduduk Miskin Maret 2022 turun menjadi 9,54 persen. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/21/angka-kemiskinan-indonesia-maret-2022-terendah-semenjak-pandemi

Bhakti, A. P., Soeratin, H., Satyaka, P. H., Widyajala, B., Syahrir, A. R. W. K., Yusroni, A., Hadian, Y., Simbolon, J., Purbo, R. K., Pratama, M. C. A. K., Santoso, P., Huda, A. M., Agustino, M., Arisyanto, E., Desy Puspita, B. A., Rahma, N. A. S., Nisa, N. N., Syafruddin, N. M., & Khoirunnisa, S. S. (2021). LAPORAN PERKEMBANGAN EKONOMI DAN FISKAL DAERAH.

Dewanti, M. A. (2022). Pengaruh Karakteristik Wirausaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Manajemen, 8(1), 236–242.

Fadhilah, N. A., Putra, P., Rahmawati, R., & Basri, H. (2021). Optimalisasi Umkm Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Devosi, 2(2), 26–30. https://doi.org/10.33558/devosi.v2i2.3007

Hadi, W. (2019). Menggali Potensi Kampung Wisata Di Kota Yogyakarta Sebagai Daya Tarik Wisatawan. Journal of Tourism and Economic, 2(2), 129–139. https://doi.org/10.36594/jtec.v2i2.39

Jamiat, N., & Supyansuri, C. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Atrabis, 6(1), 21–41.

Nurhaliza, S. (2022). Peran dan Potensi UMKM 2022 Sebagai Penyumbang PDB Terpenting di RI. The Official Website IDX Channel. https://www.idxchannel.com/economics/peran-dan-potensi-umkm-2022-sebagai-penyumbang-pdb-terpenting-di-ri

Perguna, L. A., Irawan, I., Tawakkal, M. I., & Mabruri, D. A. (2020). Optimalisasi Desa Wisata Berbasis UMKM Melalui Destination Branding. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(2), 204–214. https://doi.org/10.29407/ja.v3i2.13727

Wijayanti, A. (2018). Wisata Kuliner Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata Di Kota Yogyakarta Indonesia. Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 18(1), 2297.

Full Text: PDF | 340-348