Last modified: 2023-01-11
Abstract
Dalam kegiatan kewirausahaan terdapat proses untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan visi dari ide inovatif, serta pencapaian suatu peluang yang lebih baik. Dapat berupa bisnis baru sebagai hasil akhir yang tercipta dalam rana yang dihadapkan pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Melesatnya laju Era digital pada dunia Internet of Things serta laju pertumbuhan teknologi metaverse membuat siap atau tidak, setiap sekolah diharapkan dapat menangkap peluang dan tantangan yang ada. Teknologi memainkan peran penting pada semua bidang perkembangan dunia digital. Tidak terlepas dengan pendididik dalam Lembaga vokasi sesuai yang tertuang didalam rencana kegiatan penguatan kelembagaan SMK, dimana pendidik diharapkan ikut berperan dalam melahirkan talenta-talenta baru dalam dunia digital, perlu mendapatkan banyak wacana-wacana baru khususnya dalam digital marketing. Pelatihan yang dilaksanakan untuk memberikan pemahaman proses pembuatan dan pemanfaatan digital marketing ini dikhususkan bagi semua guru SMK Negeri 3 Kota Batu, Jawa Timur. Tujuan kegiatan selain memberikan wawasan juga melatih terkait pembuatan awal prototype digital marketing, dengan mengenalkan makna dan perkembangan dari digital marketing, trend dan fakta digital marketing 2022 serta bagaimana melakukan proses dalam digital marketing. Metode dengan pelatihan yang disertai dengan praktek langsung memanfaatkan berbagai media digital yang menghasilkan luaran berupa prototipe digital marketing untuk SMK.
Keywords
References
Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006
Li Li; Ziyang Peng, & Jianjun Wang. (2021). Designing a Dual-track Drive Teaching System for Training Data Thinking of Digital Marketing Talents. JOURNAL OF SIMULATION, 9(5), 173–175.
Sa’diyah, C., Hilmi, L. D., & Fitriasari, F. (2022). PENGUATAN STRATEGI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING PADA EDOTEL SKALA SMK NEGERI 1 LAMONGAN, JAWA TIMUR. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 6(02). https://doi.org/10.22219/skie.v6i02.22420
Sosianika, A., Amalia, F. A., & Rafdinal, W. (2020). Conceptualizing the Design of Marketing Laboratory Within Industry 4.0: A Case Study of Bandung Vocational College. Proceedings of the International Seminar of Science and Applied Technology (ISSAT 2020). https://doi.org/10.2991/aer.k.201221.099