Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022

Font Size: 
PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING DI SMP IT TARBIYATUL MUTA’ALLIMIN
Nur Hasanah, Ida Fitriana Ambarsari, Yesi Puspitasari

Last modified: 2023-01-11

Abstract


Pembelajaran yang baik dan menyenangkan diinginkan oleh semua siswa sehingga perlu adanya perencanaan pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai, salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran yaitu kurangnya perencanaan yang baik, dimana dalam proses pembelajaran seorang guru diwajibkan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran di dalam kelas rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pembelajaran secara kelompok collaborative learning sebagai model pembelajaran dalam rangka menanamkan yang dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter positif seperti menumbuhkan rasa tanggung jawab dan mandiri masing-masing, kerja keras dalam belajar dan rasa ingin tahu yang kuat untuk memecahkan masalah secara bersama-sama, menambah keberanian dan percaya diri siswa dalam berpendapat atau mengungkapkan gagasannya. Adanya pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis lesson study menggunakan strategi pembelajaran collaborative learning kedepannya bisa membantu administrasi persiapan pembelajaran kepada guru-guru yang ada di SMP IT Tarbiyatul Muta’allimin.


References


Chong, W. H., & Kong, C. A. (2012). Teacher collaborative learning and teacher self-efficacy: The case of lesson study. Journal of Experimental Education, 80(3), 263–283. https://doi.org/10.1080/00220973.2011.596854

Fatimah, I., Hendayana, S., & Supriatna, A. (2018). Didactical design based on sharing and jumping tasks for senior high school chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012094

Fitriningtiyas, D. A., & Umamah, N. (2019). Google classroom : as a media of learning history. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012156

Hasanah, N., Hobri, Fatekurrahman, M., Kusuma, M. A., & Hadiyanti, N. F. D. (2021). Development of lesson study for learning community based learning tools using google classroom media and its impact on students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 0–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012017

Herviani, D., & Budiastuti, R. E. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Bahasa Inggris Mahasiswa Magang di SMA Negeri 9 Semarang. Journal of E-ISSN, 1(2), 486–491.

Hobri, Septiawati, I., & Prihandoko, A. C. (2018). High-order thinking skill in contextual teaching and learning of mathematics based on lesson study for learning community. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3), 1576–1580. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.12110

Kreano, J. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Kusuma, M. A., Susanto, Yuliati, N., Maharani, P., & Hasanah, N. (2021). Thinking process of 7th class students in understanding quadrilateral concepts based on Van Hiele theory. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012012

Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Makhrus, M. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171

Muñoz-Repiso, A. G. V., & Tejedor, F. J. T. (2018). Valoración del trabajo colaborativo en los procesos de enseñanza-aprendizaje en entornos escolares con alto nivel TIC. Estudios Sobre Educacion, 34, 155–175. https://doi.org/10.15581/004.34.155-175

Perangkat, P., Ipa, P., & Di, T. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Ramadhan, S., Dahlia, A., & Qudsi, R. (2021). MATEMATIKA DENGAN MODEL TREFFINGER. 4(5), 1083–1092. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1083-1092

Sa’id, I. A., Pambudi, D. S., Hobri, Safik, M., & Insani, K. (2021). Development of mathematics learning tools with Realistic Mathematics Education-Jumping Task (RME-JT) and its effect on the mathematic communication skills. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012018

Vasil’ev, E. N., & Gorelikov, A. I. (1998). Radiation pattern of the horn with the corrugated flange. Huagong Kuangshan Jishu/Technology for Chemical Mines, 27(4), 46–50.

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah Matematika: Alternatif Strategi Pembelajaran Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.6

Zendrato, J. (2016). TINGKAT PENERAPAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73

Chong, W. H., & Kong, C. A. (2012). Teacher collaborative learning and teacher self-efficacy: The case of lesson study. Journal of Experimental Education, 80(3), 263–283. https://doi.org/10.1080/00220973.2011.596854

Fatimah, I., Hendayana, S., & Supriatna, A. (2018). Didactical design based on sharing and jumping tasks for senior high school chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012094

Fitriningtiyas, D. A., & Umamah, N. (2019). Google classroom : as a media of learning history. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012156

Hasanah, N., Hobri, Fatekurrahman, M., Kusuma, M. A., & Hadiyanti, N. F. D. (2021). Development of lesson study for learning community based learning tools using google classroom media and its impact on students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1), 0–13. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012017

Herviani, D., & Budiastuti, R. E. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Bahasa Inggris Mahasiswa Magang di SMA Negeri 9 Semarang. Journal of E-ISSN, 1(2), 486–491.

Hobri, Septiawati, I., & Prihandoko, A. C. (2018). High-order thinking skill in contextual teaching and learning of mathematics based on lesson study for learning community. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3), 1576–1580. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.12110

Kreano, J. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613

Kusuma, M. A., Susanto, Yuliati, N., Maharani, P., & Hasanah, N. (2021). Thinking process of 7th class students in understanding quadrilateral concepts based on Van Hiele theory. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012012

Lawhon, D. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Makhrus, M. (2018). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171

Muñoz-Repiso, A. G. V., & Tejedor, F. J. T. (2018). Valoración del trabajo colaborativo en los procesos de enseñanza-aprendizaje en entornos escolares con alto nivel TIC. Estudios Sobre Educacion, 34, 155–175. https://doi.org/10.15581/004.34.155-175

Perangkat, P., Ipa, P., & Di, T. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Ramadhan, S., Dahlia, A., & Qudsi, R. (2021). MATEMATIKA DENGAN MODEL TREFFINGER. 4(5), 1083–1092. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1083-1092

Sa’id, I. A., Pambudi, D. S., Hobri, Safik, M., & Insani, K. (2021). Development of mathematics learning tools with Realistic Mathematics Education-Jumping Task (RME-JT) and its effect on the mathematic communication skills. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012018

Vasil’ev, E. N., & Gorelikov, A. I. (1998). Radiation pattern of the horn with the corrugated flange. Huagong Kuangshan Jishu/Technology for Chemical Mines, 27(4), 46–50.

Wahyu, K., & Mahfudy, S. (2016). Sejarah Matematika: Alternatif Strategi Pembelajaran Matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 89. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.6

Zendrato, J. (2016). TINGKAT PENERAPAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p58-73


Full Text: PDF | 281-290