Last modified: 2021-01-08
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara multikultural terbesar di dunia, kebenaran pernyataan ini dapat dilihat dari sosio kultur maupun geografis yang begitu beragam dan luas di negeri ini. Disisi lain fakta ini juga menjadi ancaman jika tidak dapat dikelola dengan baik. Dalam kurikulum sekolah, upaya ini telah tertuang dalam kebijakan kurikulum 2013. Â Adapun diantara upaya yang dapat dilakukan dalam mengimplementasikan pendidikan multicultural adalah dengan menanamkan nilai-nilai yang terkandung didalam ideologi Pendidikan multicultural. Seperti nilai humanis, pluralis, dan penghargaan terhadap keberagaman.
Islam memiliki doktrin kuat terhadap penerapan pendidikan multicultural. Al-qur’an banyak menjelaskan tentang konsep pendidikan multicultural. Seperti surat al- hujurat ayat 13 yang menjelaskan tentang pentingnya taaruf (saling mengenal) sebagai pintu gerbang dalam mengimplementasikan pendidikan multicultural. Melalui taaruf manusia dapat saling mengerti dan memahami perbedaan, disinilah internalisasi nilai Islam multicultural dapat menumbuhkan kesadaran atas keberagaman.
Atas dasar tersebut, maka kajian ini fokus pada bagaimana upaya sekolah atau lembaga pendidikan dalam menanamkan nilai Islam multicultural dalam membentuk kesadaran keberagaman di SMK SAFA kotaanyar Probolinggo.
Â
Key word: nilai Islam multikultural, kesadaran keberagaman