Last modified: 2023-03-09
Abstract
Maraknya wabah Virus Covid-19 di Indonesia sangat berdampak pada beberapa sektor termasuk pendidikan, sehingga dunia pendidikan harus menerapkan pembelajaran online di semua lembaga pendidikan di Indonesia.  Pembelajaran online yang sebelumnya hanya sebagai alternative pembelajaran, namun maraknya Virus Covid-19  semua lembaga pendidikan di Indonesia di tuntut untuk melaksanakan pembelajaran berbasis online tak terkecuali diperguruan tinggi, di tambah dengan kebijakan menteri pendidikan yang mengharuskan semua jenjang pendidikan melakukan pembelajaran secara daring, tuntutan ini kemudian menjadi problem terhadap proses pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa arab  di Fakultas Agama Islam Unisma. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan solusi terhadap strategi dan metode apa yang relevan dan menjadi alternative dalam pembelajaran bahasa arab di era pandemi covid-19 sebagai pengganti pembelajaran offline secara menyeluruh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Tehnik pengumpulan data melalui, observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan metode blanded learning sebagai solusi pembelajaran Bahasa Arab di masa pandemic covid-19 dengan pola pemanfaatkan multimedia baik sinkron (synchronous) dan asinkron (asynchronous).