Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENDAMPINGAN UMKM DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK
Warsiyah Warsiyah, Moh Fakhrurozi, Noorikha P. Saputeri

Last modified: 2022-02-08

Abstract


UMKM merupakan sektor yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat. Seiring terjadinya penyebaran virus Covid 19 yang berdampak pada beberapa sektor sehingga membuat dampak yang sangat signifikan bagi pertumbuhan ekonomi sebagian besar masyarakat. Menurunnya daya beli masyarakat dan aturan yang diakibatkan pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM. Krisis ekonomi yang dialami tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Karenanya dibutuhkan pembinaan dan bantuan dari berbagai sektor. Untuk membangkitkan kembali kondisi ini diperlukan beberap solusi pemulihan. Langkah prioritas jangka pendek adalah dengan menciptakan stimulus pada permintaan dan mendorong platform digital (online) untuk memperluas kemitraan. Upaya lainnya juga dapat dilakukan melalui kerjasama dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi sehingga dapat menunjang mutu dan daya saing produk, proses pengolahan produk, kemasan dan sistem pemasaran serta lainnya. Salah satu upaya peningkatan UMKM berbasis teknologi tersebut adalah melalui pendampingan terhadap UMKM untuk memanfaatkan teknologi yang merupakan sebuah program edukasi interaktif dalam rangka mendukung pelaku UMKM dalam memahami secara terampil dan mengetahui secara mendalam mengenai tehnik, pengetahuan dan proses menuju go digital dan global melalui edukasi kompetensi Sumber Daya Manusia. Memberikan pembekalan dan pendampingan agar memiliki kemampuan menjual produk, mengelola keuangan secara digital memanfaatkan platform digital. Pembelajaran dilakukan secara praktek langsung


Keywords


UMKM; pemanfaatan media sosial

References


Kuncoro, Mudrajad. (2008). Tujuh Tantangan UKM di Tengah Krisis Global. Harian Bisnis Indonesia, 21 Oktober 2008.

https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-perkembangan-umkm-di-indonesia/

Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.Tjiptono, Fandy. 2007.

Anju, Dwivedi. 2004, Participatory Training Methodology, Pondok Educational Publishers, Yogyakarta

Full Text: PDF | 417-426