Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
STRATEGI BRANDING DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN ONLINE UMKM KABUPATEN MALANG
Evy Poerbaningtyas, Acmad Zaki Ramadhan

Last modified: 2022-01-21

Abstract


Pertumbuhan UMKM kabupaten Malang dimasa pandemi meningkat secara kuantitas. Untuk meningkatkan nilai penjualan, Dinas Koperasi Malang bekerjasama dengan LPPM STIKI Malang mengadakan pendampingan bagi UMKM Kabupaten Malang untuk memanfaatkan strategi branding digital untuk meningkatkan pemasaran online. Jumlah UMKM yang telah memiliki logo sebagai identitas brand usaha sebesar 30 %, yang sudah memanfaatkan media social sebagai media pemasaran online 30 % dan memanfaatkan marketplace sebesar 14 %. Dari UMKM yang telah melakukan pemasaran online baru 36 % melakukan update conten secara berkala. Kegiatan pengabdian ini bermanfaat bagi UMKM dalam meningkatkan usahanya dimasa pandemic


Keywords


UMKM; Strategi branding; pemasaran online

References


Andriani, D. R. (2012). Strtagei Pemasaran Online. diakses 22 Oktober 2021: http://www.slideshare.net/thecremaster/strategi-pemasaran-online.

BKPM(Badan Koordinasi Penangan Modal). (2020). Penguatan UMKM sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Nasional. Jakarta: invesindonesia.go.id.

Cholil, A. M. (2019). 101 Branding Ideas: Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen. Indonesia: Quadrant.

Lupito, A. (2021). Jumlah UMKM Bertambah Selama Pandemic, Kabupaten Malang Rancang Grands Desaign Pemasaran Online. Malang: Malang Times.

Ortiz, C. D. (2021). Sosial Media Success For Every Brand. Indonesia: Bhuana Ilmu Populer.

Full Text: PDF | 302-305