Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN DIGITALISASI PIN UMKM DI GOOGLE MAPS DESA ANDONOSARI
Eka Farida, Tri Sugiarti Ramadhan

Last modified: 2022-01-21

Abstract


Untuk mendukung digitalisasi di desa Andonosari khususnya pada sektor UMKM adalah dengan cara melalui pendampingan dan pelatihan serta menginput data UMKM yang berada di desa Andonosari, untuk di masukan ke google maps. Sistem pemasaran UMKM di desa Andonosari masih tergolong kurang, dikarenakan masyarakat disana kurang memahami dunia internet secara spesifik, sehingga yang diharapkan dengan adanya pelatihan dan penginputan data umkm ini, dapat membantu UMKM di Desa Andonosari semakin maju dan berkembang. Metode yang kami gunakan adalah observasi langsung kepada pemilik UMKM, mengumpulkan data UMKM, dan memberi pelatihan dan pendampingan kepada pemilik UMKM. UMKM di desa Andonosari sebenarnya memiliki potensi yang sangat baik, karena produk dan letak usaha berada pada jalan utama menuju wisata gunung Bromo, oleh karena itu kami tertarik untuk memberikan pelatihan serta pendampingan ini guna mendukung UMKM yang berada di desa Andonosari sehingga mudah diakses oleh para pelanggan atau konsumen secara digital


Keywords


pendampingan dan pelatihan digitalisasi; pin UMKM

References


Dina, S. A. (2020). Pemerintah Dinilai Perlu Fokus Perluas Akses Pasar Digital UMKM. Diakses tanggal 1 September 2021 pada laman: https://www.antaranews.com/berita/1886460/pemerintah-dinilai-perlu-fokus-perluas-akses-pasar-digital-umkm

Durianto, Darmadi. (2019). Digitalisasi UMKM tak Mudah. Diakses tanggal 5 Agustus 2021 pada laman: https://www.indotelko.com/read/1573428039/digitalisasi-umkm

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 14 Jakarta: Erlangga.

Putri, Arum S. (2019). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Diakses tanggal 3 Agustus 2021 pada laman:  https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia

Rahmawati, Edy. (2016). E-Marketing : Strategi Pemasaran Ukm Berbasis Teknologi Informasi Untuk Menembus Pasar Global, Seminar Nasional IENACO–2016 ISSN: 2337 – 4349. Management Department, Faculty of Economics & Business, University Of Mataram.

Sari, D. A. (2020). Digitalisasi, Solusi UMKM Bertahan Kala Pandemi. Diakses tanggal 20 September 2021 pada laman: https://www.antaranews.com/berita/1577194/digitalisasi-solusi-umkm-bertahan-kala-pandemi

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016). Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.

Full Text: PDF | 306-311