Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PEMAHAMAN PEMILIHAN PRODUK MAKANAN HALAL DAN TOYYIB DI DUSUN OLI LAMA DESA WAKAL MALUKU TENGAH
Chomsa Dintasari Umi Baszary, La Eddy, Deli Wakano

Last modified: 2022-01-20

Abstract


Saat ini gaya hidup halal, terutama dalam hal mengkonsumsi produk halal, tidak hanya menjadi kebiasaan namun sudah mulai menjadi gaya hidup yang dianggap sehat dan baik bagi kesehatan. Produk makanan dan minuman yang halal bergantung pada bahan baku utama, bahan baku tambahan dan proses produksinya. pemahaman masyarakat tentang konsep halal food menjadi hal yang penting. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pemilihan produk halal dan toyyib pada masyarakat. Pengabdian dilakukan didesa Wakal dengan pertimbangan tingkat pendidikan dan mata pencaharian masyarakat setempat. Terjadi peningkatan pemahaman dalam pemilihan produk makanan halal setelah dilakukan sosialisasi

Keywords


makanan; halal; toyyib

References


Direktorat Jendral Pengembangan Eksport Nasional. (2015). Hidup Sehat Dengan Produk Halal. Ditjen PEN/WRT/56/VII/2015. Warta Ekspor Edisi Juli 2015.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Republik Indonesia Proponsi Maluku. (2020). Presentase   Pemeluk   Agama   Menurut   Kabupaten/Kota   di   Provinsi Maluku 2017. Maluku.

Nisa M,K,. Maesyaroh. (2019). Analisis Pemahaman Masyarakat Tetang Konsep Halal Food (Studi Kasus Pengusaha Kuliner Sate Kambing Di Imogiri Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Noordina, N., Md Noorb, N.L., Samichoc, Z. (2014). INHAC 2012 Kuala Lumpur International Halal Conference, PWTC, Kuala Lumpur, Malaysia, 4-5 September 2012 Strategic Approach to Halal Certification Sistem: An Ecosistem Perspective, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 121: 79-95.

Salamah N., Nurkhasanah, Warsi (2018). Pelatihan Peningkatan Kesadaran Halal Di Wilayah Cabang Muhammadiyah Umbulharjo. Yogyakarta, Sniemas Uad. Yogyakarta.

Sejarah Singkat Desa Wakal, https://text-id.123dok.com/document/nzwv265gq-sejarah-singkat-desa-wakal.html. Diakses : 29 Oktober 2021; 15.14 wit.

Sumali,  A. (2009).  Halal –  new  market  opportunities  (Department  of  Islamic Development, Malaysia). in JAKIM website : http://www.islam.gov.my/) 17 November 2006. Available online at: http://primahalalfoodpark.blogspot.com/2009/02/formation- ofcomprehensivehalal. html.

Syahputra A. dan Hamorao H. D. (2014). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Masyarakat Kecamatan Perbaungan Dalam Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Vol.2 No.8.

Wibowo D.,E. dan Mandusari B. D. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Di Kota Pekalongan. Indonesian Journal of Halal. ISSN-2623-162X. vol. 1, no. 1, pp. 73-80.

Full Text: PDF | 227-232