Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
THE APPLICATION OF HUMAN RESOURCE MANAGEMENT (HRM) IN REALIZING THE ECONOMIC INDEPENDENCE OF ISLAMIC BOARDING SCHOOL IN BALIKPAPAN: A CASE STUDY OF MODERN ISLAMIC BOARDING SCHOOL AL-MUTTAQIEN
Darmawati Darmawati, Sagira Sagira

Last modified: 2022-01-22

Abstract


Besarnya biaya yang dibutuhkan oleh Pondok Pesantren dalam menghidupi para santrinya sehingga sangat dibutuhkan kemandirian ekonomi Pesantren agar Pondok tidak tergantung dari bantuan dan pembayaran iuran bulanan dari wali santri dan terwujudnya kemandirian ekonomi yang diharapkan dapat menopang perekonomian Pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep manajemen dan pelaksanaan sumber daya manusia perspektif Ekonomi Islam di Pondok Pesantren Balikpapan, disertai faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan merupakan kualitatif berupa studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep manajemen sumber daya manusia perspektif Ekonomi Islam ialah proses penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia yang diberdayakan sesuai tuntunan syariat Islam untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi; Pelaksanaan manajemen sumber daya manusia dalam mewujudkan kemandirian ekonomi Pesantren di Balikpapan yaitu dengan menggunakan teori Yusanto dan Widjajakusuma dengan memperhatikan ciri kafa’ah, himmatul ‘amal, dan amanah; Faktor pendukung ialah Pesantren selalu mendapat dukungan penuh dari Bank Indonesia dan Kantor Perwakilan Balikpapan sejak Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan terpilih menjadi juara 1 pada tahun 2018 sebagai Pesantren Unggulan melalui kegiatan Festival Ekonomi Syariah, sementara untuk penghambatnya ialah lokasi yang masih terbatas dan kendala biaya jika proyek yang ditangani unit usaha terlalu besar.

Keywords


manajemen; sumber daya manusia; manajemen sumber daya manusia

References


Al-Qur’an dan Terjemahan. (2020). In Kementrian Agama Republik Indonesia (p. 599). Usman el-Qurtuby.

Afidah, Siti, Entrepreneurship Kaum Santri (Studi pada Pesantren Entrepreneur Tegalrejo Magelang). Tesis, Semarang, 2018.

Alma, Buchari dan Donni Juni Priansa, (2014), Manajemen Bisnis Syariah, (Bandung: Alfabeta).

Aziz, Fathul Aminuddin, (2014), Manajemen Pesantren Paradigma Baru Membangun Pesantren di Tinjau dari Teori Manajemen, STAIN Press.

Basri, Hasan, (2000), Remaja Berkualitas (Problematika Remaja dan Solusinya), Pustaka Pelajar.

Bustomi, Ilham dan Khotibul Umam. (2017), ‘Strategi Pemberdayaan Ekonomi Santri Dan Masyarakat Di Lingkungan Pondok Pesantren Wirausaha Lantabur Kota Cirebon’, Jurnal Al Mustashfa, Vol. 2, No. 1, Juni 2017, p. 7.

Daulay, Haidar Putra, (2009), Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara (Cet. I), PT. Rineka Cipta.

Departemen Agama Republik Indonesia, ‘Pola Pembelajaran di Pesantren’, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003), p. 18.

Fahmi, Irham, (2012), Manajemen Teori, Kasus, dan Solusi, Alfabeta.

Fathoni, Abdurrahmat, (2006), Manajemen Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta.

Handoko, T. Hani, (2001), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE.

Hasan, Muhammad Tholhah, (2004), Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia, Lantora Press.

Herman, (2013), ‘Sejarah Pesantren di Indonesia’, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 6(No. 2), 148.

Jusmaliani, (2011), Pengelolaan Sumber Daya Insani, Bumi Aksara.

Latifah, E. (2017) ‘Implementasi Prinsip Syariah pada Manajemen Sumber Daya Manusia di Microfinance (Studi Kasus pada KPPS BMT Bina Ummat Sejahtera Paciran)’, Jurnal Mebis, Vol. 2(No. 1), 219.

Lugina, Ugin. (2017), Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren di Jawa Barat, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol. 4(No. 1), Desember 2017.

Moleong, Lexy J, (2002), Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya.

Muhammad, (2008), Ekonomi Syariah, Graha Ilmu.

Mukhibat, (2012), ‘Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pondok Pesantren’, Jurnal Forum Tarbiyah, Vol. 10(No. 2), 179.

Nadzir, M, (2015) ‘Membangun Pemberdayaan Ekonomi di Pesantren’, Jurnal Economica, Vol. VI (Edisi 1).

Norvadewi, (2017), Manajemen Sumber Daya Insani dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan Manajemen SDM dalam Bisnis Islam, Journal Proceeding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi Bisnis, Vol. 1, 114.

Nurohman, Dede, (2011), Memahami Dasar-Dasar Ekonomi Islam, Penerbit Teras.

Priyono, (2017), Manajemen Sumber Daya Manusia, Zifatama Publisher.

Rahardjo, Dawam, (1985), ‘Pesantren dan Pembaharuan (p. 2), LP3S.

Ramlah M dan Nur Indah Sari. (2018), Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Journal of Islamic Management And Bussines. Vol. 1(No. 1), 11.

Saleh, Abdur Rahmah, (2002), Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren, Departemen Republik Indonesia.

Sachrul, Imam Taufiq. (2020), Pengasuh Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan, Wawancara, (Sagira, Interviewer), (2020, 08 Agustus).

Susetyo, Benny, (2006), Teologi Ekonomi “Partisipasi Kaum Awam dalam Pembangunan Menuju Kemandirian Ekonomi”, Averoes Press.

Sutrisno, Edy, (2011), Manajemen Sumber Manusia, Kencana.

Suyatman, Ujang, (2017), Pesantren dan Kemandiriran Ekonomi Kaum Santri (Kasus Pondok Pesantren Fathiyah Al-Idrisiyah Tasikmalaya, Jurnal Al-Tsaqafa, Vol. 14(No. 2).

Syamsi, Badrus. (2020), Direktur Utama Unit Usaha Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan, Wawancara, (Sagira, Interviewer), (2020, 30 Agustus).

Wirosukarto, Amir Hamzah, (2000), KH. Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis Pesantren Modern, Gontor Press.

Yasid, Abu, (2018), Paradigma Baru Pesanten, Diva Press.

Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno, (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian), Alfabeta.

Yusuf, Burhanuddin dan M. Nur Riyanto, (2015), Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syariah, PT. Raja Grafindo Persada.

Zaelani Adnan, Ahmad. (2018), Strategi mewujudkan kemandirian dalam pengembangan dan pemberdayaan ekonomi santri (studi kasus di pondok pesantren al-bahjah Cirebon) Jurnal syntax literate, Vol. 3(No. 9).

Zubaidah, Siti. (2020), Pondok Pesantren Al-Muttaqien Balikpapan Dapat Bantuan Mesin Bor dan Genset dari Bank Indonesia. Available at: https://kaltim.tribunnews.com/amp/2020/01/18/pondok-pesantren-al-muttaqien-balikpapan.

Full Text: PDF | 438-458