Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
SINERGITAS MAHASISWA DAN MASYARAKAT DALAM MEMBERDAYAKAN PERMAINAN VOLI BERBINGKAI MODERASI BERAGAMA
Muslimah Muslimah, Endah Puji Lestari, Winda Hamidah, Jhufriyah Jhufriyah, Rizqy Fajar, Yopy Firmansyah, Hasya Annisa M, Trima Yenketama, Brosly Brosly, Denita Fransiska Ls L, Rinto Rinto, Cristi Devi Darnita

Last modified: 2022-01-19

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana optimalisasi kemitraan mahasiswa KKN Kolaborasi Nasional Moderasi Beragama dengan masyarakat dalam memberdayakan permainan voli berbingkai moderasi beragama di Kelurahan Pagar Kecamatan Rakumpit Palangka Raya. Pengabdian dilakukan dengan menggunakan ABC (Asset Based Community-driven Development) sebagai pendekatan dalam pemberdayaan aset dimiliki masyarakat, yaitu memili sumber daya manusia yang terampil dalam berolahraga voli dan memiliki waktu dan kesempatan untuk berolahraga bersama terlebih pada masa pandemi-19. Hasil pengabdian bahwa program unggulan mahasiswa KKN Kolaborasi Nasional Moderasi Beragama mampu bersinergi dengan masyarakat dalam memberdayakan aset lokal dengan melakukan rehab berat lapangan voli dan fungsionalisasinya sebagai aktivitas keseharian setiap sore untuk berolahraga dan mengadakan lomba menyambut peringatan hari kemerdekaan RI bulan Agustus 2021 yang diikuti tingkat pelajar dan masyarakat Pager, semuanya antusias dan sportif mengikutinya. Selanjutnya, masyarakat Pager dapat memanfaatkan lapangan voli yang difasilitasi oleh mahasiswa yang diberi nama lapangan voli ”Penyang Hinjei Simpei” (berbeda-beda tetapi tetap satu). Semua masyarakat Pager yang bermain, tanpa menghiraukan perbedaan latar belakang agama dan suku yang multi. Mereka antusias, saling akrab, saling support merawat kebersamaan dan kekeluargaan

Keywords


sinergi pemberdayaan masyarakat; voli; moderasi

References


Ajahari. 2018. “Aktualisasi Kerukunan Masyarakat Beda Agama di Kelurahan Pager Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya.” Jurnal Studi Agama dan Masyarakat 14, no. 2.

Arsyad, dkk. 2020. Moderasi Beragama: Antara Fakta dan Cita. IAIN Parepare Nusantara Press, t.t.

Faruk, Umar. 2020. Moderasi beragama berbasis komunitas lokal (studi kasus pengembangan parawisata pantai panfolok melalui kearifan lokal di Desa Pantulan, Kecamatan Sulamu, Kupang, NTT).

Fidiyani, Rini. 2013. Kerukunan Umat Beragama di Indonesia (Belajar Keharmonisan dan Toleransi Umat Beragama di Desa Cikakak, Kec. Wangon, Kab. Banyumas). 468-462.

Mulyadi, Mohammad. 2013. “Pengabdian Kualitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya.” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 15, no. 1. 127-138.

Prasetyo, Yudik. 2015. “Kesadaran Masyarakat Berolahraga Untuk Peningkatan Kesehatan dan Pembangunan Nasional.” MEDIKORA 11, no. 2.

Putra, Media Eka. 2020. “Moderasi Beragama Sebagai Mekanisme Internalisasi Ummat Beragama Menuju Umat Beragama Berkesadaran.” Lentera 4, no. 2 (30 Juni 2020): 82–98.

Rahmat, M. 2014. Studi tentang solidaritas sosial di desa Modang kecamatan Kuaro Kabupaten Paser (Kasus kelompok buruh bongkar muatan): 53-63.

Suharto, et.all, Babun. 2021. Moderasi Beragama; Dari Indonesia Untuk Dunia. Lkis Pelangi Aksara. 1-269.

Wahyudi, Dicky. 2018. Sinergitas Organisasi Publik Dengan Mengimplementasikan Sukuk Wakaf Melalui Pembentukan Halal Center Industry. Jurnal.bppk.kemenkeu.go.id.

Full Text: PDF | 133-143