Last modified: 2022-01-21
Abstract
Salah satu kegiatan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah adalah Gerakan Literasi Nasional (GLN) sesuai Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Pemerintah berupaya dengan mengubah kurikulum nasional dan merancang program-program yang dapat mendongkrak kemampuan 6 dasar dimensi literasi yaitu baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan melalui Gerakan Literasi Sekolah.Tujuan dari kegiatan ini yaitu Meningkatkan kemampuan literasi siswa agar minat baca siswa menjadi lebih berkembang. Mitra pengabdian adalah siswa di MI NU Pakis Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2020. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini mendatangkan narasumber dari salah satu dosen di IKIP Budi Utomo Dr. Harun Ahmad. Pelaksanaan kegiatan ini dibantu oleh 3 orang mahasiswa untuk mengkoordinir peserta pada kegiatan sosialisasi. Pada kegiatan sosialisasi, dilakukan tahapan observasi untuk melihat kepuasan siswa terhadap materi yang diberikan kepada mereka. Tahapan observasi dilakukan melalui penyebaran angket kepuasan kegiatan kepada siswa peserta sosialisasi. Hasil yang diperoleh dalam pengabdian ini antara lain: a) memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan serta kemampuan literasi bagi siswa MI NU Pakis Malang, b)menumbuhkan minat baca dan antusias siswa, dan c) mengembangkan kemampuan siswa dalam menggunakan IPTEK secara bijak dan sesuai kebutuhan. Peningkatan gerakan literasi sekolah ini dapat berjalan dengan baik jika melibatkan semuar warga sekolah (guru, siswa, orang tua/wali murid) dan masyarakat sebagai bagian dari ekosistem pendidikan. Hasil kegiatan dari pelatihan ini diperoleh bahwa 90 % peserta pelatihan menyatakan kegiatan ini memberikan manfaat yang sangat baik untuk mendukung proses pembelajaran. Kesimpulan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu dengan melalui gerakan literasi siswa jadi termotivasi dalam membaca
Keywords
References
Antasari, I.W. 2017. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas Indah. Acta Universitatis Agriculturaeet Silviculturae Mendelianae Brunensis,16(1),24–25. https://doi.org/10.30798/makuiibf.323102.
Baroroh Maarif, I., Nur, L. C. N. N., & Hartanti, H. (2020). Sosialisasi Media Belajar VIVO (VisualVoice) untuk Pembelajaran Daring Siswa SD/MI diDesa Mojokambang Kabupaten Jombang.Jumat Pendidikan:Jurnal PengabdianMasyarakat,1(1),36-38.
Kemendikbud.(2017).Panduan Gerakan Literasi Nasional.
Meishanti, O. P. Y., Rahmawati, R. D., & Nafingah, N. (2020). Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharahal-kalam)Metode Muhadatsah menggunakan Pocket Book. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23.
Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar.Caruban:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40.https://doi.org/10.33603/caruban.v3i1.3361.
Waslah, W., Mukminin, M. R., & Tri Yuliyanti, W. (2020). Senam Otak dan Jantung untuk Pasien Orang dalam Gangguan Jiwa Desa Brodot. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1),11-12.
Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2),Juli,13-24.