Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENINGKATAN EKONOMI WARGA DESA DI ERA PANDEMI MELALUI BUDIDAYA MENANAM SAYUR PADA MEDIA TANAM POLYBAG
Eny Zuhrotin Nasyi’ah, Nabila Febrian Nurbaiti, Erdila Prastyaningtyas, Risma Putri Cahyaningtias, Elif Luthfiyah Hanum, Dias Olivia

Last modified: 2022-01-19

Abstract


Kondisi tanah yang sangat subur  di Desa Duwet Krajan merupakan peluang bagi warga desa untuk menanam bibit sayuran tidak hanya di kebun tetapi juga di pekarangan depan rumah warga. Penanaman dengan media polybag  ini selain bisa memanfaatkan lahan yang sempit para warga juga memberi kemudahan dalam memetik hasil panen sendiri. Polybag menjadi alternatif mudah dan murah sebagai  media tanam karena harganya terjangkau, tahan lama, tidak mudah kotor dan mendapatkannya sangat mudah karena dijual bebas di toko perlengkapan pertanian atau di toko plastik sekitar desa. Metode pelaksanaan diawali dengan sosialiasi dilanjutkan praktek dan  terakhir evaluasi kegiatan. Sosialisasi dilakukan untuk memberikan penjelasan mengenai penanaman bibit sayur di polybag pada kelompok tani. Pada tahap praktek menanam dimulai dengan  menyiapkan perlengkapan yang digunakan dalam kegiatan menanam bibit sayur membeli polybag, bibit sayur serta menyiapkan tanah.  Metode evaluasi dilakukan dengan menampung respon dari warga, dari reson warga diketahui kendala dan kekurangan sehingga lebih mudah melakukan perbaikan pada kegiatan selanjutnya. Dari kegiatan penanaman sayur dengan polybag warga desa  menyambut positif karena mereka dapat menghemat uang belanja dan bisa mengalokasikan untuk kebutuhan utama  lainnya misalnya biaya pendidikan


Keywords


metode tanam; pertanian dan perkebunan; polybag

References


Bui, F., Lelang, M. A., & Taolin, R. I. (2016). Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Ukuran Polybag Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tomat (Licopercicum escelentum Mill). Savana Cendana, 1(01), 1-7.

Jatmika, S. E. D. (2019). Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk meningkatkan gizi keluarga.

Pasir, S. (2014). Penyuluhan Penanaman Sayuran dengan Media Polybag. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(03), 159-163.

Putriyandari, R., Yuliyana, W., & Rahayu, Y. S. (2018). Pemberdayaan Peran Ibu Rumah Tangga dalam Meminimalisir Belanja Rumah Tangga Konsumen Melalui Budidaya Tanaman Hidroponik. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Khotimah, S.H. (2020) “Berkebun di rumah, cara mudah menanam tanaman menggunakan polybag”.Popmama.com.14 juni 2020.5.https://www.popmama.com/life/home-and-living/sittah-husnul-khotimah/berkebun-di-rumah-cara-mudah-menanam-tanaman-menggunakan-polybag.

Full Text: PDF | 31-36