Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PELATIHAN PENGEMBANGAN SOCIABLE LEARNING MODEL DENGAN MENGINTEGRASIKAN PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA UNTUK GURU TK DI BANDUNG
Solihin Ichas Hamid, Tuti Istianti, Mohamad Helmi Ismail, Lina Meilinna

Last modified: 2022-01-21

Abstract


Penerapan pembelajaran yang bersifat student-centered secara umum sampai saat ini masih menjadi permasalahan dalam lingkup PAUD. Hal tersebut menghilangkan peluang anak untuk berkembang dan membangun keterampilan berdasarkan kecenderungan mereka. Sociable learning model dengan mengintegrasikan permainan tradisional sunda memiliki kecenderungan yang sangat student-centered yang dapat memberikan alternative solusi untuk pelaksanaan pembelajaran di jaman sekarang. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan menerapkan metode pelatihan pendampingan yang melibatkan beberapa orang guru dari enam TK di Kota Bandung. Dengan pelaksanaan pelatihan pendampingan tersebut, para guru menunjukan kompetensi yang baik dalam merancang RPPH yang menerapkan sociable learning model dengan rata-rata nilai capaian keseluruhan, 3.27 dan total nilai 4. Walaupun pada beberapa hal, beberapa orang guru masih belum mencapai nilai yang baik. Secara umum, model sociable learning model yang diintegrasikan dengan permainan tradisional sunda dapat dikemas dengan baik oleh guru dalam bentuk RPPH

Keywords


Sociable learning model; permainan tradisional sunda; RPPH

References


Dar, N., Sulaiman, Ruslan, (2018) Kesulitan Guru Dalam Membuat Perangkat Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Lamreung Gugus 38 Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP Unsyiah Volume 3 Nomor 3, 101-105.  diakses dari; http://eprints.ums.ac.id/76414/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Ernawati, & Safitri, R., (2017) Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 5, no.2, hlm. 49-56. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi. DOI: 10.24815/jpsi.v5i2.9817

Istianti, T., Hamid, S., I., Abdillah, F., Ismail, M., H., (2019) Teachers' Outlooks on Social Citizenship Behaviour Learning Model: A grounded theory. (pp. 392-395). Atlantis Press.

Istianti, T., Hamid, S., I., Ismail, M., H., Abdillah, F., Mirawati (2020) Model Sociable Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Usia Dini. Bandung, Rizqi Press.

Kamil, M (2003) Model-Model Pelatihan. Retrieved from; http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/196111091987031001-MUSTOFA_KAMIL/Model-model_pelatihan.pdf

MENDIKBUD (2014) Permendikbud no. 137 of 2014; National Standard of PAUD. Transl. Permendikbud no. 137 tahun 2014; Standar Nasional PAUD. Retrieved from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf

Ryan, R., M., & Deci, E., L (2000) Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being, the American Psychological Association, Inc. 0003-066X/00/$5.00 Vol. 55, No. 1, 68-78 DOI: 10.1037110003-066X.55.1.68. pp. 68-73; diakses dari; http://selfdeterminationtheory.org/SDT/documents/2000_RyanDeci_SDT.pdf.

Samsuri (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra Pustaka

Sujiono, Y., N., (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Index, Jakarta.

Full Text: PDF | 266-272