Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENGEMBANGAN BRANDING PRODUK UMKM DAN BUMDES MELALUI SARANA E-COMMERCE PADA MASA PANDEMI COVID-19
Efendi S Wirateruna, Difadila Alif Tasarlik, Susmita Yasa Pertiwi, Iul Fatchurrochim, Rara Pangestu Quranta

Last modified: 2022-01-21

Abstract


Di era masa pandemi Covid- 19 ini, banyak sekali dampak yang dirasakan oleh masyarakat salah satunya permasalahan ekonomi. Beberapa dampak ekonomi yang sering muncul dan dialami oleh pedagang adalah menurunnya jumlah omset penjualan oleh pedagang karena diakibatkan menurunnya minat daya beli masyarakat. Selain itu, pemasaran produk UMKM dan Bumdes terbatas pada lingkungan sekitar atau secara konvensional sehingga penambahan omset sangat lambat. Bersama Bumdes dan perangkat desa yang ada. beserta masyarakat Desa kami menggunakan kesempatan ini untuk menjadi pendamping pemanfaatan digital marketing Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) dan Bumdes supaya dapat menambah omset nya melalui penjualan melalui E-commerce. Metode yang dilakukan adalah kegiatan observasi, sosialisasi, pemaparan materi, pelatihan dan evaluasi. Indikator keberhasilan kegiatan pendampingan digitalisasi produk adalah pemasaran produk minuman herbal (Katingku) dan pupuk kompos yang berada di Desa Banjarsari, kecamatan Bandarkedungmulto, kabupaten Jombang, serta produk APE (Mainan Edukasi Anak) di desa Mukuh, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri. Produk tersebut dipasarkan melalui salah satu platform e-commerce yang terkenal yaitu Shopee. Dengan edukasi pemasaran produk UMKM secara digital, produktivitas UMKM dapat meningkat dengan cepat dan dapat menginspirasi masyarakat sekitarnya. Sehingga, perekonomian masyarakat desa dapat berkembang secara mandiri


Keywords


UMKM; minuman herbal; pupuk; ape (mainan edukasi anak); e-commerce

References


Awaluddin, & Hendra. (2018). Fungsi Manajemen Dalam Pengadaan Infrastruktur Pertanian Masyarakat Di Desa Watatu Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Indonesia, 2(1), 1–12. Diambil kembali dari http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/pub/article/view/10037

KEMENKES. (2021, Agustus 3). Covid-19. Diambil kembali dari Infeksi Emerging: https://infeksiemerging.kemkes.go.id/

Kurniawati, E., Santoso, A., & Widowati, S. Y. (2019). Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) “SRIKANDI". Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 132–138. doi:https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2722

Muliasari, H., Ananto, A. D., & Andayani, Y. (2019, September 1). Inovasi Dan Peningkatan Mutu Produk Jamu Pada Perajin Jamu Gendong di Kota Mataram. Prosiding PEPADU, hal. 72–77. Diambil kembali dari http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingpepadu/article/view/12

Sari, D. E. (2019). Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan Untuk Warga ‘Aisyiyah Kabupaten Sukoharjo Guna Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Remaja dan Anak-Anak. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 88–99. doi:https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.2694

Full Text: PDF | 320-326