Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PELATIHAN PETERNAK LELE BERBASIS INOVASI OLAHAN PANGAN DAN STRATEGI PROMOSI MEDIA SOSIAL
Mohamad Bastomi, Gita Rahmy, Hilaria Wahon, Muhammad Yasir Ridha, Ary Nasrun

Last modified: 2022-01-22

Abstract


Media sosial merupakan sebuah peluang yang dapat digunakan pelaku UMKM dalam memasarkan dan mempromosikan produk yang dijual. Dalam upaya peningkatan kesejahteraan peternak lele perlu terobosan terkait produk olahan yang bernilai jual. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberdayakan peternak lele melalui pengolahan lele menjadi olahan pangan yang berpotensi diperjual belikan melalui media sosial.  Pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan metode sosialisasi dan edukasi program, pelatihan pembuatan dan packaging olahan produk, pelatihan pengoperasian media sosial serta pendampingan pelaksanaan program. Hasil dari pelaksanaan program pengabdian yang dicapai adalah peningkatan kemampuan peternak lele dalam menghasilkan produk inovasi berupa dimsum lele dan steak lele serta packaging produk baru tersebut. Selain itu, peternak lele dapat mengoperasikan penjualan online melalui media sosial untuk promosinya


Keywords


media sosial; olahan pangan; peternak lele

References


Radjab, E., Tj, T. A., Jurusan, D., Niaga, P., & Pandang, U. (2017).  Pelatihan Pemanfaatan Media Online sebagai Sarana Pemasaran. Prosiding Seminar Hasil Penabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 295-295.

Fahri, Jalil, A., & Kasnelly , S. (2020). Meningkatnya angka pengangguran ditengah pandemi (COVID-19). AL Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 45-60. Retrieved From http://ejournal. Annadwahkualatungkal.ac.id/index.php/almizan/article/view/142

Hapsari, D. (2015). Strategi Pemberdayaan Usaha Rumahan Berbasis Potensi Lokal Untuk      Meningkatkan Produktivitas Keluarga. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 3(1), 209-214.   http://doi.org/10.37061/cps.v3i1.2133

Full Text: PDF | 375-380