Last modified: 2022-01-22
Abstract
Desa Wringinanom mempunyai UMKM yang berproduksi bersumber dari kekayaan alam. UMKM tersebut adalah usaha sandal “Brogger Handycraft", unit usaha keripik talas “kriuk-kriuk”, unit usaha jamu ibu Ainur. Ketiga unit usaha ini memiliki permasalahan-permasalahan dalam mengembangkan usahanya. Tujuan pengabdian adalah meningkatkan kemampuan berwirausaha berkelanjutan bagi UMKM dengan membentuk jejaring kolaborasi triparit guna mewujudkan unit bisnis berkelanjutan dan menjadikan produk desa menjadi produk unggulan Desa wringinanom. Metode yang digunakan yaitu survey awal potensi wirausaha desa, identifikasi masalah, koordinasi, pelatihan dan demplotpeningkatan pengetahuan dan skill entrepreunership, pembentukan kolaborasi triparit, bimbingan teknis pembentukan jejaring usaha baru, bimbingan teknis perintisan pasar local dan digital, dan pendampingan pengurusan legalitas usaha. Hasil pengabdian adalah peningkatkan pengetahuan dan skill entrepreneurship, terbentuk kolaborasi tripartit antara desa, PT, dan mitra/stakeholder, Peluasan jaringan Usaha baru yaitu kemitraan dengan lembaga yang berkaitan dengan masing-masing UMKM, UMKM memiliki pasar digital, UMKM mempunyai legalitas usahanya P-IRT, OSS secara online dan NPWP untuk ketiga UMKM. Kesimpulan Program pengabdian Wiradesa menjadi motor penggerak UMKM yang ada di desa untuk terus berkembang dan terjadi peningkatkan usaha UMKM meliputi baik kualitas maupun kuantitas kinerja usaha bisnis UMKM
Keywords
References
Apidata, Gregrorius Fajar. (2012). Faktor-Faktor Penghambat, Pendukung, Penentu Kegagalan Dan Keberhasilan Entrepreneurship Dalam Dunia Konstruksi. S2 Thesis. Universitas Atmajaya Jogjakarta.
Emily R. 2011; Collaboration: A Literature Review, Jurnal Pearson’s Research Reports.
Chusnah, A. (2020). Pengaruh Kondisi Pandemi Pada Permintaan Pasar Fast Food. Eprint UMSIDA, 191020700110.
Kusmanto, H., & Warjio, W. (2019). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 324. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.13583
Purnomo, M. (2010). Persfektif Definisi Entrepreneurship. Jurnal Bisnis Indonesia, 1(2), 66–81.
Sienatra, K. B. (2017). Keterlibatan Jaringan Sosial Dalam Proses Penemuan Bisnis. Journal of Business & Applied Management, 10(1), 46–54. https://doi.org/10.30813/jbam.v10i1.869
Mubarok, A., Ganar, Y. B., Dinantara, M. D. (2020). Pelatihan Perpajakan Guna Menumbuhkan Ketaatan Kewajiban Perpajakan Terhadap UMKM di Wilayah Kelurahan Cipinang Baru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Pamulang.