Last modified: 2022-01-24
Abstract
DKM (Dewan Kesenian Malang) merupakan lembaga yang ditugaskan menjadi mitra pemerintah daerah, khususnya kota Malang. Â Salah satu tujuan utama dari DKM yang mengalami kendala adalah menjadi fasilitator dari seniman akibat kurangnya pendataan portofolio dari seniman. Portofolio dikumpulkan secara manual, khususnya bagi seniman bergenre tradisional, sedangkan bagi seniman muda yang merambah dunia digital, portofolio tersebar di beragam media internet. Karenanya dibutuhkan media untuk melakukan pengumpulan, pengkategorian sekaligus distribusi kembali portofolio hasil karya para seniman yang dikelola oleh DKM. Pendampingan yang dilakukan ini merupakan tahapan awal dari pembuatan situs untuk galeri daring, dikarenakan kompleksitas data serta proses interview yang cukup lama serta biaya yang tidak sedikit, maka di tahapan pertama ini dilakukan terlebih dulu proses analisis hingga selesai. Hasil awal aktifitas berupa diagram use case serta sitemap merupakan rangkuman dari proses brainstorming serta diskusi antara tim pengabdi dengan pihak pengurus sehingga menghasilkan rancangan yang menjadi dasar eksekusi situs di tahapan kedua dari aktifitas pengabdian. Kendala komunikasi akibat adanya PPKM darurat pada akhirnya dapat dilewati sehingga tujuan akhir telah selesai dilaksanakan
Keywords
References
Chazan, M. (2020). Portfolio ode to odenabe: Intergenerational storytelling and the art of making. Anthropology and Aging, 41(1), 95–106. https://doi.org/10.5195/aa.2020.264
Giannakoulopoulos, A. (2012). Copyright Policy in Art Related Websites Authors : Andreas Giannakoulopoulos , Lecturer , Department of Audio and Visual Arts , Ionian University Stefania Oikonomou , New Technologies Laboratory , Faculty of Communication and Media Studies – University of. 5th Conference on Information Law, June 2012.
Jones-Woodham, G. (2009). Using E-Learning Portfolio Technology To Support Visual Art Learning Greer JONES-WOODHAM Department Of Creative And Festival Arts , University Of The West Indies St . Augustine , Trinidad and Tobago. Journal of Systemics, Cybernetics & Informatic, 7(4), 90–99.
Lu, P.-C. (2007). The Integration of Blog Platform and E-portfolio in Art Assessment. The International Journal of Arts Education, 1–32. papers3://publication/uuid/BEDFA925-8516-4B0A-94E8-537232EC5264
Milam, J. H., Santo, S. A., & Heaton, L. A. (2000). Concept maps for web-based applications. 40th Annual Forum of the Association for Instructional Research, 21–24.
Petre, M. (2013). UML in practice. Proceedings - International Conference on Software Engineering, 722–731. https://doi.org/10.1109/ICSE.2013.6606618
Rumpe, B. (2017). Agile Modeling with UML. In Agile Modeling with UML: Code Generation, Testing, Refactoring. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-58862-9
Yang, S. H. (2009). Using blogs to enhance critical reflection and community of practice. Educational Technology and Society, 12(2), 11–21.