Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2020

Font Size: 
PELATIHAN KOMPUTER UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING SEKOLAH MODEL SELAMA PANDEMI COVID 19 DI JAYAPURA
Westy B. Kawuwung, Epiphani I. Y. Palit

Last modified: 2021-01-04

Abstract


SD Negeri Entrop adalah salah satu sekolah dasar yang terletak di kota Jayapura, provinsi Papua. Sekolah tersebut merupakan salah satu dari SD di kota Jayapura yang terakreditasi “A†dan ditetapkan sebagai sekolah model. Selain masalah ketersediaan guru, kurangnya kemampuan guru dalam hal memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran menjadi masalah yang dihadapi sekolah tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kaspasitas tenaga pendidik pada SD Negeri Entrop Jayapura. Secara khusus, guru pada sekolah sasaran mampu menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran dengan lebih baik menggunakan sarana TIK yang tersedia. Kegiatan penerapan IPTEKS ini juga dilaksanakan sebagai sosialisasi untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih. Metode yang digunakan adalah pelatihan materi komputer dasar yang belum dikuasai oleh guru di sekolah mitra dilanjutkan dengan penjelasan tentang metode pembelajaran online yang dapat dilakukan oleh guru sesuai kebutuhan selama pandemi COVID 19. Hasil kegiatan berupa peningkatan minat dan kemampuan guru dalam pemanfaatan TIK sebagai alat bantu untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.


Keywords


SD Negeri Entrop adalah salah satu sekolah dasar yang terletak di kota Jayapura, provinsi Papua. Sekolah tersebut merupakan salah satu dari SD di kota Jayapura yang terakreditasi “A” dan ditetapkan sebagai sekolah model. Selain masalah ketersediaan guru,

References


Fahmi, F. (2016). Pentingnya Penggunaan Media Belajar Oleh Guru. Diakses dari http://pustaka-downloads.blogspot.com/2016/01/pentingnya-penggunaan-media-belajar-tik.html.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Munir. (2014). Kerangka Kompetensi TIK Bagi Guru. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Prayitno, E., Kurniawati, D., & Arvianto, I. R. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didownload dari  http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/semnasuntag/article/view/1689.


Full Text: PDF