Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2020

Font Size: 
PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERBASIS ONLINE DI TINGKAT PERGURUAN TINGGI GUNA MENGHADAPI TANTANGAN PANDEMI COVID-19
Andi Kurniawati S.E., M.M.

Last modified: 2021-01-04

Abstract


COVID-19 telah menjadi wabah penyakit yang memberikan perubahan besar di seluruh tatanan kehidupan termasuk di bidang pendidikan yang turut terdampak karena mewabahnya penyakit ini. Pemerintah memberikan arahan melalui Surat Edaran No. 2 tahun 2020 serta Surat Edaran No. 3 tahun 2020 diputuskan bahwa pelaksanaan pendidikan dilaksanakan secara daring. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah dengan menggunakan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan sebagai menghadapi tantangan pandemi COVID-19 yaitu menggunakan media berupa PC / Personal Computer yang dapat juga digantikan dengan Laptop atau Handphone yang terhubung dengan koneksi internet. Pelaksanaan pembelajaran berbasis online dengan memanfaatkan teknologi mempertimbangkan fokus dalam setiap proses pelaksanaan pendidikan antara lain Penerapan nilai karakter (melalui sikap jujur, religius, disiplin, toleran, kreatif, bekerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, peduli lingkungan dan sosial, dan bertanggung jawab), Perencanaan aktivitas (menyusun Rancangan Aktivitas Pembelajaran & Satuan Aktivitas Pembelajaran) dan prencanaan metode pembelajaran (e-learning melalui Whatsapp Group, Google Meet, Zoom, Microsoft Teams, Webex, Video Pembelajaran dengan Youtube, & Learning Management System), Proses evaluasi pembelajaran (pemberian penilaian dan penentuan kelulusan dapat dilakukan melalui Google Classroom, Google Form, & Learning Management System), Pengembangan kurikulum bertujuan pencapaian pembelajaran yang lebih baik lagi di masa mendatang.


Keywords


COVID-19; Evaluasi Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Pendidikan Daring; Teknologi Pendidikan

References


Arikunto, S. & Jabar, C. S. A (2007) Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2003) UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2018) PerMenDikBud RI No. 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020) SE No. 2 tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020) SE No. 3 tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020) SE No. 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Kementerian Kesehatan (2020) PerMenKes RI No. 9 tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (1992) PP RI No. 38 tahun  1992 tentang Tenaga Kependidikan.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (2009) PP RI No. 37 tahun  2009 tentang Dosen.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (2008) PP RI No. 74 tahun  2008 tentang Guru.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (2015) PP RI No. 14 tahun  2015 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (2020) PP RI No. 21 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (2015) PerMenRisTekDikTi RI No. 26 tahun 2015 tentang Registrasi Pendidik Pada Perguruan Tinggi.

Munir (2009) Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (1991) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, Hadi Miarso. (2004) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenoda Media.

 


Full Text: PDF