Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2020

Font Size: 
BIMBINGAN TEKNIS DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI KABUPATEN MALANG
Bagus Kristomoyo Kristanto, Evy Poerbaningtyas, Siti Aminah, Rakhmad Maulidi, Arif Tirtana

Last modified: 2021-01-02

Abstract


Perkembangan teknologi dan dunia digital saat ini memberikan banyak peluang usaha bagi UMKM khususnya di Kabupaten Malang. Dalam perkembangannya, jumlah pengguna gawai tercatat lebih dari 300 juta pengguna, menjadikan sebuah kesempatan bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka. Mengetahui tentang digital marketing menjadi salah satu cara bagi UMKM untuk dapat memperluas usaha mereka. Bimbingan teknis digital marketing diberikan kepada lebih dari 500 umkm di kabupaten dalam kurun waktu 2-3 bulan. Dalam bimbingan teknis ini, peserta dibekali informasi mengapa perlu pindah ke pemasaran secara online dan bagaimana melakukan pemasaran secara daring (online) menggunakan layanan yang tersedia secara digital. Bimbingan teknis ini mengajak para umkm untuk menggunakan layanan-layanan digital seperti media sosial, penggunan google trends untuk mengetahui apa saja yang sedang dibicarakan di masyarakat, dan marketplace dalam menjual produk mereka. Dari kuisioner yang disebarkan kepada peserta, sekitar 72% UMKM sudah menggunakan layanan berbagi pesan untuk menjual produk mereka, sayangnya penjualan masih fokus pada satu daerah mereka saja. 73% UMKM merasa terbantu setelah mengikuti bimbingan teknis digital marketing sehingga mereka dapat memperluas pemasaran mereka menggunakan media sosial dan marketplace.

Keywords


Digital Marketing; UMKM; Branding; Kabupaten Malang

References


Damian Ryan & Calvin Jones (2016). Understanding Digital Marketing, marketing strategies for engaging the digital generation : Kogan Page.

Josh Crashman (2015). The Big Book of Digital Marketing. Digital Firefly Princeton.


Full Text: PDF