Last modified: 2021-01-04
Abstract
Selama pandemi Covid-19, hampir seluruh institusi pendidikan, termasuk pendidikan tinggi, melakukan proses belajar mengajarnya secara daring (online). Selama proses pembelajaran daring, maka proses komunikasi antara dosen dan mahasiswa, sudah pasti menggunakan media. Dalam proses komunikasi yang menggunakan media, maka komunikasi non verbal, yang meliputi : 1) bahasa tubuh, 2) ekspresi, dan 3) kontak mata, biasanya tidak bisa dilakukan secara maksimal. Agar komunikasi verbal dan non verbal antara komunikator (pengirim pesan) dan komunikan (penerima pesan) tetap tersampaikan dengan baik, maka diperlukan upaya yang lebih besar dari dosen dan asisten, selaku komunikator (pengirim pesan), dengan mahasiswa, selaku komunikan (penerima pesan), dalam membangun komunikasi interpersonal, agar proses komunikasi selama pembelajaran daring tetap berlangsung dengan hidup, dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Â
Keywords
References
Budyatna. 2015. Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta : Prenada Media Group.
Carnegie, Dale. How to Win Friends and Influence People. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Carnegie, Dale. 2010. Public Speaking For Success. Tangerang : Kharisma Publishing Group.
Devito, Joseph. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tangerang : Kharisma Publishing Group.
Goleman, Daniel. 2019. Emotional Intelligence. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Peale, Norman Vincent. 2015. The Power Of Positive Thinking. MIC Publising.
Fauzi Abubakar. Jurnal Pekommas, Vol. 18 No. 1, April 2015: 53 – 62. Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa.
Fazar Nuriansyah. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, Vol. 1 No. 2, Mei 2020 hal.61-65 61. Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19.
Sepriadi Saputra. Jurnal Professional FIS UNIVED Vol.7 No.1 Juni 2020. Efektifitas Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Pembelajaran Melalui Media Whatsapp Group.
Â