Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2020

Font Size: 
MANAJERIAL PEMBUATAN SABUN BERBAHAN DASAR SUSU SAPI (BUNSU) DI MASA PANDEMI COVID-19 DESA PESANGGRAHAN KECAMATAN BATU KOTA BATU
Eko Setiawan

Last modified: 2021-01-02

Abstract


Sabun susu mayangsari atau lebih dikenal dengan sebutan sabun susu (BUNSU) merupakan produksi usaha bersama masyarakat desa Pesanggrahan Kota Batu. Permasalahan produk BUNSU di kelompok usaha mayangsari yakni terkait perizinan produk Bunsu dari dinas terkait dan BPOM, dan vakum dalam proses pembuatan BUNSU di masa pandemic covid-19. Upaya manajerial yang dilakukan berfokus kepada perbaikan kemasan, promosi dan legalitas produk sabun susu untuk meningkatkan minat beli konsumen dan meningkatkan  ketertarikan pembeli terhadap produk BUNSU. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kualitas produk dan penjualan produk BUNSU dari segi kemasan, promosi, serta kepengurusan proses perizinan dari dinas terkait. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini meliputi tahap prapelaksanaa, pelaksanaan, evaluasi, dan tahap pasca pelaksanaa. Hasil pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini berupa hasil kemasan sabun kekinia, media promosi berbasis online, dan kepengurunsan perijinan kepada dinas terkait dan BPOM.

Keywords


Manajerial; Sabun Susu; Produksi; Promosi

References


Christy, Christine Suharto, Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Nirmala 2.1 (Januari 2000) : 92-103

Cavith, S.M. 1997. The Soapmaker's Companion: A Comprehensive Guide with Recipes, Techniques Know-How. Massachusetts, US: Storey Publishing, LLC.

Chowdhury, M.R., Khan, M.M.H., Mahfuz, S.U., Baset, M.A. 2018. Effects of Dietary Supplementation of Spices on Forage Degradability, Ruminal Fermentation, in Vivo Digestibility, Growth Performance and Nitrogen Balance in Black Bengal Goat. Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition. 102(2):591-598. https://doi.org/10.1111/jpn.12800

Kotler, P., Amstrong G. (2001). Dasar – dasar pemasaran. Jilid 1 (9th ed.). (Alexander Sindoro, Trans). Jakarta: Gramedia

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Buku 1 Edisi kesebelas. Drs Benjamin Molan, trans. Jakarta: PT Prenhallindo.

Full Text: PDF