Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2020

Font Size: 
SPIRIT MENGUASAI SAINS DAN BAHASA ERA PANDEMI COVID-19 BAGI SANTRI TAHFIDZ DAARUL QURAN JAWA TENGAH
Zaenur Rosyid, Hidayatus Sholihah

Last modified: 2021-01-04

Abstract


Spirit belajar bagi santri penghafal qur’an dinilai bagus dari indikator belajar yang intensif dari sejak sebelum subuh hingga malam jam 21.00 pada saatnya siswa tidur kembali. Berbagai kegiatan dijalankan dengan tertib, baik kegiatan ektra kurikuler maupun program pesantren dan sekolah lainnya. Hal ini karena menghafal di pesantren Tahfidz Daarul Quran Ungaran Jawa Tengah tidaklah menghalangi para santri untuk tetap sekolah di pagi harinya di SMP. Persoalannya adalah ketika kemudian spirit menghafal ini secara tidak langsung terkendala dengan keinginan kuat untuk tetap mengusai sains dan kemampuan Bahasa asing Arab dan Inggris. Challenge yang demikian ini menjadi effort baru untuk memberikan motivasi pelatihan kepada para santri dan secara tidak langsung kepada para guru dan atau asaatidznya untuk tetap memiliki high motivation dalam menguasai sains ilmu pengetahuan dan skill of foreign language. Dalam pelaksanaan program ini didesain dengan memberi makna dan motivasi pada para santri penghafal Quran, sebagai generasi khoiru ummah yang lebih  kaffah. Program training motivationini diberikan di masa pandemi ini secara lebih singkat, sehari dan dijalankan secara intens melalui materi yang menarik. Pemahaman yang dari kesejarahan peradaban islam yang pernah jaya hingga memberikan gambaran tantangan islam kekinian, menjadikan para santri lebih merasa tersemangati untuk menguasai sains pengetahuan dan Bahasa Asing tanpa terbebani bahwa mereka sedang menghafalkan Quran dan sekolah formal di SMP. Melalui varian training yang menyenangkan, metode ini faktualnnya sangat tepat guna bagi para santri penghafal Quran dan sekaligus siswa SMP di pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Ungaran Jawa Tengah.

 


Keywords


Spirit; Sains dan Bahasa; Tahfidz; Daarul Qur’an Jawa Tengah.

References


Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Rajawali Pers (ed.).

Wahyuningty, A. &Udik B. W. (2017). Manajemen Pendidikan karakter pada SMP full day school di kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(1).

Wingkel, W.S. & Hastuti, S. (2007). Bimbingan dan Konseling (di Institusi Pendidikan). Media Abadi.

Sumarsih Anwar, Jurnal Penelitian Agama Volume 15 Nomor 2 Agustus 2017 http://jurnal edukasi Kemenag.org


Full Text: PDF