Last modified: 2021-01-04
Abstract
Coronavirus-19 (COVID) telah dinyatakan sebagai pandemi dunia oleh WHO. Sekolah merupakan salah satu tempat yang harus diterapkan pola pencegahan penularan novel corona virus. Kegiatan Promosi kesehatan kepada masyarakat sekolah khususnya siswa-siswi sekolah akan berpengaruh terhadap pengetahuan, kemauan dan ketrampilan untuk megaktifkan program PHBS sekolah yang merupakan salah satu item dalam pola pencegahan penualaran novel corona virus (covid-19). Perilaku yang didasari pengetahuan akan lebih langgeng daripada perilaku yang tidak didasari oleh pengetahuan. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan siswa dalam upaya pencegahan penularan novel corona virus (Covid-19) melalui edukasi media vidio. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan metode curah pendapat, demonstrasi, diskusi kelompok serta metode latihan. Untuk mengamati dan mengevaluasi perubahan pengetahuan dan tindakan siswa menggunakan kuesioner pre-post tes, dan daftar tilik keterampilan baik sebelum, selama proses maupun sesudah pembinaan melalui edukasi dan pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan praktek siswa siswi tentang cara pencegahan Penularan Novel Corona Virus (Covid-19) melalui edukasi media vidio. Output luaran yang telah dihasilkan adalah Video edukasi tentang cara pencegahan penularan novel corona virus (Covid-19).
Â
Keywords
References
Heggeness, M. (2020). Why Is Mommy So Stressed? Estimating the Immediate Impact of the COVID-19 Shock on Parental Attachment to the Labor Market and the Double Bind of Mothers. Federal Reserve Bank of Minneapolis.
Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Kemenkes RI, 0–115.
Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Karya Medika.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Pedoman Skripsi, Tesis dan Intrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Pramiputra, A. (2014). Efektifitas Pendidikan Kesehataan Menggunakan Metode Ceramah dengan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Demam Berdarah Dengue Di Desa
Putra, I. D. (2018). Pengaruh Rendaman Air Hangat Pada Kaki Sebelum Tidur Terhadap Insomnia. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 1(2), 12–16.
Zhang, M., Zhou, M., Tang, F., Wang, Y., Nie, H., Zhang, L., & You, G. (2020). Knowledge, attitude, and practice regarding COVID-19 among healthcare workers in Henan, China. Journal of Hospital Infection, 105(2), 183–187. https://doi.org/10.1016/j.jhin.2020.04.012
Balitbangkes, R. I. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.
Carl I Fertman Diane D Allensworth (2010). Health Promotion Programs From Theory To Practice, Jossey-Bass A Wiley Imprint 989 Market Street, San Francisco, CA 94103-1741—www.josseybass.com.
Depkes RI. 2007. Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Pos Kesehatan Pesantren. Depkes
Elder J, A. G., Harris S, (1999). "Theories and intervention approaches to health-behavior change in primary care." Am J Prev Medicine 17: 275-284.
Green, L. d. M. K. (2000). "Health Promotion Planning An Educational and Environtmental Approach."
Kemenag RI, Direktur Pendidikan Islam, Daftar Alamat Pondok Pesantren Tahun 2016/2017 www. http://pendis.kemenag.go.id/ (diakses 1 Maret 2017)
Notoatmodjo S. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. . Jakarta., Rineka Cipta.
Sarwani, D., Nurhayati, N., & Supriyanto. (2014). Efektifitas Ceramah terhadap Pengetahuan Kader
Kesehatan tentang Penyakit Talasemia di Kecamatan Pekuncen dan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Kesmas, 8(1), 29–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/kesmas.v8i1.1038
Setyowati, M., & Retno, A. (2015). Pemetaan Status Gizi Balita dalam Mendukung Keberhasilan
Pencapaian Millenium Development Goals (MDGs). J Kesehat Masy, 10(2), 110–21.
Simamora, H. R. (2009). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
Suharmanto, Dewi Nur Sukma Purqoti, Harlina Putri Rusiana. 2015. Potensi Santri Dalam Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Pondok Pesantren. STIKES Yarsi Mataram
UU Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.
WHO (2001). Iron deficiency Anaemia. Assessment, Prevention, and control. A guide for programme managers. Genewa, World Health Organization
World Health Organization (WHO). 2020. Global surveillance for human infection with novel-coronavirus (2019-ncov). https://www.who.int/publications-detail/global-surveillance-for-human-infection-with-novel-coronavirus (2019-ncov). Diakses pada 20 Maret 2020.
Wonorejo Polokarto. Diakses dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, http://eprints.ums.ac.id/32335/13/2. NASKAH PUBLIKASI.pdf
Â