Last modified: 2021-01-04
Abstract
Salah satu kesulitan yang dialami oleh guru-guru di sekolah mitra, yaitu MAN Lumajang adalah membelajarkan suatu konsep ke siswa. Masalah kesulitan guru ini penting untuk diatasi, hal ini dikarenakan kemampuan guru akan mempengaruhi pembelajaran di kelas yang pada akhirnya akan mempengaruhi prestasi siswa. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan guru-guru tersebut adalah dengan memberikan pelatihan. Agar pelatihan dapat berjalan dengan baik, maka penting untuk mengetahui faktor-faktor pendukung pelatihan. Untuk itu, tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memaparkan faktor-faktor pendukung keberhasilan pelatihan terhadap guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor pendukung keberhasilan pelatihan terhadap guru muncul dalam setiap tahapan pelatihan. Faktor-faktor pendukung pada tahap perencanaan yaitu: sikap terbuka dari sekolah dan guru untuk bersedia diadakan pelatihan, adanya kesesuaian materi pelatihan dengan kebutuhan sekolah atau guru, tersedianya sarana dan prasarana, serta tersedianya bahan atau materi pelatihan. Faktor-faktor pendukung pada tahap pelaksanaan yaitu: pemilihan waktu yang tepat, kehadiran kepala sekolah, motivasi, keaktifan peserta, penguasaan materi dan kepercayaan diri pelatih, dan pemilihan metode pelatihan yang tepat. Faktor-faktor pendukung pada tahap pelaporan yaitu: tersedianya hasil analisis evaluasi, tersedianya foto-foto kegiatan, tersimpannya administrasi dengan baik, dan adanya sertifikat untuk peserta pelatihan.
Keywords
References
Buehl, M. M. (2011). Best Practices in Educational Psychology : Using Evolving Concept Maps as Instructional and Assessment Tools.
Chichekian, T., & Shore, B. M. (2013). Concept Maps Provide a Window onto Preservice Elementary Teachers’ Knowledge in the Teaching and Learning of Mathematics. Canadian Journal of Education, 36(3), 47–71.
Daley, B. J. (2010). Concept Maps: Practice Applications in Adult Education and Human Resource Development [Perspectives on Practice]. New Horizons in Adult Education and Human Resource Development, 24(2–4), 30–36. Retrieved from http://education.fiu.edu/newhorizons
Hia, Y. D., Sumarni, & Armiati. (2016). Pelatihan Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMA. Jurnal Pelangi, 8(2), 243–249. Retrieved from http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php /pelangi/article/download/1206/pdf
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jpim/article/view/19638/15450
Marulcu, I., Karakuyu, Y., & Dogan, M. (2013). Can Elementary Students Gather Information from Concept Maps ? International Journal of Environmental & Science Education, 8, 611–625. https://doi.org/10.12973/ijese.2013.223a
Mills, J. (2019). Making Multiplication Meaningful: Teaching for Conceptual Understanding. Teachers and Curriculum, 19(1), 17–25. https://doi.org/ http://dx.doi.org/10.15663/tandc.v19i1.334
Setiawan, Y. E. (2015). Analisis Domain dan Dampak Mathematical Knowledge for Teaching Terhadap Pengajaran. In Hobri (Ed.), Reformasi Pendidikan dalam Memasuki ASEAN Economic Community (AEC) (pp. 1263–1271). Jember: FKIP Universitas Jember.
Setiawan, Y. E. (2019a). Panduan Penggunaan CmapTools untuk Desain Peta Konsep. Lumajang: CV. Al-Mukmin Yes.
Setiawan, Y. E. (2019b). Peta Konsep dalam Pembelajaran Matematika. Lumajang: CV. Al-Mukmin Yes.
Setiawan, Y. E. (2020a). Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 23–38. https://doi.org/http://dx.doi.org /10.24256/jpmipa.v8i1.80
Setiawan, Y. E. (2020b). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menggeneralisasi Pola Linier. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(2), 180–194. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3386
Setiawan, Y. E. (2020c). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menilai Kebenaran Suatu Pernyataan. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 13–31. https://doi.org/ 10.24815/jdm.v7i1.14495
Setiawan, Y. E. (2020d). Proses Berpikir Siswa dalam Memperbaiki Kesalahan Generalisasi Pola Linier. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 371–382. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.751
Setiawan, Y. E. (2020e). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Rekrutmen Guru Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(2), 259–272. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/ barekengvol14iss2pp259-272
Setiawan, Y. E. (2020f). The Thinking Process of Students Using Trial and Error Strategies in Generalizing Linear Patterns. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/ 10.25217/numerical.v4i1.839
Setiawan, Y. E., & Mustangin. (2020a). Kepraktisan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) dalam Pembelajaran Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 776–788. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2917
Setiawan, Y. E., & Mustangin. (2020b). Panduan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply). Lumajang: CV. Al-Mukmin Yes.
Setiawan, Y. E., & Mustangin. (2020c). Validitas Model Pembelajaran IDEA ( Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1432
Setiawan, Y. E., Purwanto, Parta, I. N., & Sisworo. (2020). Generalization Strategy of Linear Patterns From Field-Dependent Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(1), 77–94. https://doi.org/http://doi.org/ 10.22342/jme.11.1.9134.77-94
Setiawan, Y. E., & Syaifuddin. (2020a). Pelatihan Desain Peta Konsep dan Pembelajarannya: Pengabdian Kepada Masyarakat. Lumajang: CV. Al-Mukmin Yes.
Setiawan, Y. E., & Syaifuddin. (2020b). Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 148–153. https://doi.org/http:// dx.doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.16377
Susantini, E., Rahayu, Y. S., Budiono, D., & Raharjo, R. (2015). Profil Artikel Ilmiah Buatan Guru Pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru - Guru Di Smp Lab School Surabaya. Jurnal ABDI, 1(1), 1–7. https://doi.org/ 10.26740/ja.v1n1.p1-7
Sutrisno, S., & Zuhri, M. S. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Dedicators Community, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.34001/jdc.v3i1.793
Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru IPS Kabupaten Malang. Jurnal Praktis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 39–45.