Last modified: 2021-01-04
Abstract
Pendirian Taman Pendidikan Al Qur’an di Desa Sitirejo merupakan upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk memberikan dasar-dasar membaca Al-Qur'an kepada anak-anak terutama bagi anak-anak yang orang tuanya bekerja. Upaya pendirian Taman Pendidikan Al Qur’an ini bertujuan untuk membentuk generasi qurani yang berakhlakul karimah. Upaya ini juga menunjang kegiatan di Desa Sitirejo yang dicanangkan sebagai kampung tangguh. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan mengembangkan masyarakat meliputi kegiatan pembentukkan tim, perumusan tujuan, identifikasi pengguna, pengumpulan dan analisis kebutuhan, penentuan prioritas solusi masalah, persiapan, implementasi, pendampingan, review dan evaluasi, serta menentukan kebutuhan sasaran baru. Melalui kerjasama dengan pengurus masjid Miftahul Jannah telah berdiri Taman Pendidikan Al-Qur’an Al- Alim dengan Piagam Ijin Operasional Taman Pendidikan Al –Qur’an Nomor: 4938/IX/2020 dengan status terdaftar dan diberikan Nomor Statistik Taman Pendidikan Al-Qur’an 411235074938. Jumlah santri saat didirikan adalah 48 santri dengan tenaga pengajar 4 orang yang merupakan sumber daya setempat. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode Iqro non klasikal. Adanya kebutuhan sasaran baru mendorong diadakan kerjasama dengan Yayasan Ummi tingkat  Kecamatan Tajinan, Pakisaji, Wagir, dan Bululawang di dalam pembinaan santri dan ustadz serta ustadzah.
Keywords
References
Redaksi Lekhat POLRI. (2020). Kabaharkam Polri Kunjungi Kampung Tangguh Desa Sitirejo Kab. Malang. https://lenterakhatulistiwa.com/kabaharkam-polri-kunjungi-kampung-tangguh-desa-sitirejo-kabupaten-malang/. Diakses 06 Nopember 2020
Desa Sitirejo. 2018. Data desa Sitirejo. Kabupaten Malang
Priyadi, U., Hidayat, S.N., & Islamawati, A. (2013). Peningkatan Mutu Pembelajaran Taman pendidikan Al-Qur’an dengan Pembuatan Kurikulum TPA. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 2(3): 204-211
Ariwibowo, E.K. (2018). Metode Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://figshare.com/articles/figure/Metode_Pelaksanaan_Pengabdian_kepada_Masyarakat/7011266/1. Diakses 10 Maret 2020.
Retnasari, L. , Suyitno, dan Hidayah, Y. Â (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal SOLMAÂ 8 (1): 32-38; Doi: http://dx.doi.org/10.29405/solma.v8i1.2968
Syahraeni, A. (2015). Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan Anak. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 2(1): 27-45
Anwar. (2018). Paradigma Sosialisasi dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Jiwa Beragama Anak. Jurnal Al-Maiyyah  11(1): 65-78
Sada, H.J. Â (2017). Â Peran Masyarakat dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8 (1)Â : 117-125