Last modified: 2023-01-11
Abstract
Provinsi Jawatimur selama ini terkenal akan potensi sapi perahnya, tidak terkecuali Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Selama ini susu perah yang dihasilkan selalu disetorkan ke KUD kemudian dikirim ke Pabrik Besar (Nestle). Untuk lebih memberdayakan potensi Produk UMKM dan sekaligus meningkatkan kemandirian desa, maka dilakukanlah sosialisasi pelatihan dan pendampingan inovasi produk susu menjadi produk olahan berupa kerupuk susu. Kerupuk susu bisa menjadi produk khas dari Desa Bocek Karang ploso dan bisa menjadi produk oleh-oleh bagi wisatawan yang berlibur ke kota Batu karena wilayah Karangploso lokasinya bersebelahan dengan Kota Batu. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan UMKM ini adalah dengan melakukan sosialisasi potensi inovasi produk baru berupa krupuk susu kemudian mengadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan kerupuk susu bersama Ibu-Ibu PKK serta dilanjutkan dengan sosialisasi bagaimana pemasarannya, terutama difokuskan pada digital Marketing.
Keywords
References
Erika, Dyah. 2021. Produksi Susu 6 Ton/Hari, Peternak Desa Bocek Hasilkan PuluhanJuta. Di akses pada 09 September 2022 pada https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5488356/produksi-susu-6-tonhari-peternak-desa-bocek-hasilkan-puluhan-juta.
Kurniawan, Ferry Duwi dan Fauziah, Luluk. 2021. EMPOWERMENT OF SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES (SMEs) FORPOVERTY REDUCTION. JKMP(ISSN. 2338-445X), Vol. 2, No. 2, September2014, 103-220.
Kusumo, Agung R W. 2010. Analisis factor faktor yang Mempengaruhi inovasi produk untuk Meningkatkan keunggulan bersaing Dan kinerja pemasaran (studi pada industri batik skala besar dan sedang Di kota dan kabupaten pekalongan). Tesis. eprints.undip.ac.id
Masda. P. G. (2013) Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Galamai Di Kota Payakumbuh. ejournal.unp.ac.id
Nasir. A. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel Di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi. Vol. 5. No. 1
NN. 2021. Kementan Berkomitmen Kembangkan Produksi Susu Segar Dalam Negeri. Diakses 08 September 2022, pada https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/1340-kementan-berkomitmen-kembangkan-produksi-susu-segar-dalam-negeri#:~:text=Menurut%20Badan%20Pusat%20Statistik%20(BPS,50%20kg%2F%20kapita%2Ftahun.
NN. 2022. PIP Dukung Penguatan Kontribusi UMKM terhadap Ekonomi Indonesia. Di akses 09 September 2022, pada https://pip.kemenkeu.go.id/id/data-publikasi/berita-terbaru/123-pip-dukung-penguatan-kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi indonesia.html#:~:text=Berdasarkan%20data%20Kementerian%20Koperasi%20dan,senilai%20Rp%208.573%2C89%20triliun.
Pattipeilohy, victor ringhard. 2018. Inovasi produk dan keunggulan bersaing: pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran ((studi pada usaha nasi kuning di kelurahan batu meja kota ambon). Jurnal maneksi vol 7, no. 1
Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta : Sekretariat Negara
Utaminingsih. A. (2016) Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UKM Kerajinan Rotan Di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi dan Manajemen, Vol. 31. No. 2
UU No.20 Tahun 2008 Pasal 3 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.