Last modified: 2023-01-10
Abstract
Di era sekarang guru dituntut untuk meningkatkan kompetensi pedagogi, personal, sosial, dan profesional. Semua kompetensi tersebut merupakan kompetensi dasar yang tidak boleh lepas dari seorang guru atau pengajar, baik dalam pembelajaran dengan moda luring atau pun daring. Namun, sebuah tantangan baru bagi guru adalah ketika menerapkan semua kompetensi tersebut dalam bentuk moda pembelajaran daring. Hal ini disebabkan masih banyaknya guru yang belum terbiasa dalam pembelajaran daring. Oleh sebab itu, guru harus mendapatkan sebuah pelatihan yang dapat meningkatkan profesionalitasannya sebagai tenaga pengajar. Keprofesionalitasan ini dapat didukung dengan pendampingan pembuatan media pembelajaran dan metode pembelajaran sehingga walaupun dalam bentuk pembelajaran daring, tetapi guru tetap bisa menyesuaikan diri untuk menjadi guru masa kini. Pelatihan ini menggunakan pendekatan learning by doing. Pendekatan ini dipilih karena pelaksanaannya dilakukan dengan cara memberikan pelatihan secara terpimpin. Pelatihan Gumani dilaksanakan dengan dua sesi yang diikuti oleh 20 guru. Berdasarkan kegiatan pelatihan Gumani yang sudah dilaksanakan dapat diperoleh hasil bahwa keprofesionalitasan tenaga pendidik atau guru dapat ditingkatkan dengan memperbanyak pelatihan pemahaman terkait kemampuan profesional dalam sebuah pembelajaran. Pelatihan kemampuan profesional ini mencakup teknik, metode, serta media yang dipilih oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran uncuk mencapai tujuan akhir pembelajaran.
Keywords
References
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02
Muhson, A. (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665
Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 7(1), 127–140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957
Resmini, W. (2010). Pembinaan Kemampuan Profesional Guru Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). 4, 4