Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
PENINGKATAN LITERASI, NUMERASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI SERTA MEMBANTU ADMINISTRASI SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR
Mohamad Bastomi, Latifatul Hamida Aziz, Khoirun Nisak

Last modified: 2023-12-22

Abstract


Jurnal pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran mahasiswa Kampus Mengajar dalam meningkatkan literasi, numerasi, dan adaptasi peserta didik serta membantu administrasi sekolah khususnya bagi sekolah dasar di Jawa Timur untuk meningkat mutu Pendidikan. Jurnal pengabdian ini dilaksanakan selama kurang lebih enam bulan dan beralokasikan di beberapa sekolah dasar yang berakreditasi rendah yaitu SDN Bandang Laok 1 dan SDN Sedaeng 1. Kampus Mengajar Angkatan 4 Tahun 2022 akan berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi pada pendidikan dasar, adaptasi teknologi serta membantu administrasi sekolah. Konteks ini semakin kuat mengingat kondisi literasi dan numerasi Indonesia yang masih rendah seiring upaya peningkatan literasi dan numerasi sebagai salah satu agenda prioritas nasional

Keywords


literasi, numerasi. adaptasi teknologi, dan kampus mengajar

References


Atri Waldi, I. (2018). Pembinaan karakter siswa melalui ekstrakurikuler game online e-sports di SMA 1 PSKD Jakarta. Journal of Moral and Civic Education, 2, 2.

Dwi Etika, Erdyana, Sevia C, Dwike Megah Purnama, dan Dina Rahma (2021). “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi di SDN Dawuhan Senon 2.” Jurnal   of Education Integration and Development 1(4);2021.

Fisabilillah, Yakub. (2022). “Implementasi Penerapan Literasi dan Numerasi.” Community Developmen Journal 3(2):876–83.

Safaringga, Vinna, Williyani D. Dan Ani nur Aeni.  (2022). “implementasi Program Kampus Merdeka Untuk Motivasi Belajar  Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal   Basicedu 6(3):3514 – 25..

Yorri Didit Setyadi, Dwi Wulandari, Lutfi Dwi Lestari, WaOde Meliasari andIfit Novita Sari (2021). “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai ‘AgentOf Change Dan Social Control.’” Dinamisia:  Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(6):1542–47.

Shabrina, Livia Mutiara.  (2022). “Kegiatan Kampus Mengajar Dalam

Meningkatkan Keterampilan   Literasi   Dan Numerasi   Siswa   Sekolah

Dasar.” Jurnal Basicedu 6(1):916–24.

Okky Surya Handrian1 I Gusti Bagus Indrajaya “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tenaga Kerja, pertumbuhan dan Kepadatan Penduduk di Provinsi Jawa Timur.” E-Jurnal EP Unud,11[03] : 887-899.

Atri Waldi, Nana Meisah Putri, Indra, Viero Ridalfich, Dina Mulyani, Enjel Mardianti “Peran Kampus Mengajar Terhadap Peningkatan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Tekonologi Peserta Didik Sekolah Dasar Di Sumatra Barat” Journal of Civic Education (ISSN: 2622-237X) Volume 5 No. 3 2022.

Firdaus, Firdayanti, and Adryan Septiady (2021). “Peningkatan Kemampuan Literasi, Dan Numerasi Di Sekolah  3 (Tertinggal, Terluar, Terdepan).” Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi 1(2):213–20.

Kementerian, & Kebudayaan, (2021). Kemendikbudristek Kampus Mengajar https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar

Vivi RK, Reni Kusmiarti (2022). ”Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi serta membantu Administrasi Sekolah Melalui Program KAmpus Mengajar Angkatan 3 Studi Kasus SMP Negeri 39 Bengkuli Utara”. Jimakukerta E ISSN : 2808-5566 P : ISSN : 2808-7569

Full Text: PDF | 147-156