Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MEDIA GAMBAR UNTUK ANAK-ANAK DI RA NASYRUL ULUM
Unung Lesmanah, Abdurrahman Baihaqy, Irisianur Indahsari, Ela Mufarrokhah, Nabilah Ilmi Hakimah, Moh Shadeki Roiyan, Norma Iswati Trie Wulandari, Sofia Datun Hikmah, Adnan Abdul Kholik, Wahfuddin Nur Arif

Last modified: 2023-12-22

Abstract


Desa Bocek terletak d wilayah Karangploso kabupaten Malang di sebelah utara perbatasan dengan kehutanan Kecamatan Karangploso. Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Donowarih Kecamatan Karangploso. Di sisi selatan berbatasan dengan Desa GirimoyoKecamatan Karangploso, sedangkan di sisi Timur berbatasan dengan Girimoyo dan Ngijo Kecamatan Karangloso. Desa Bocek, secara umum terbagi menjadi tiga wilayah dusun yaitu, Bocek krajan, Dusun Manggisari, dan Dusun Supiturang. Secara geografis, Desa Bocek terletak pada posisi 7⁰21’ - 7⁰31’ lintang selatan dan 110⁰10’-111⁰40’ bujur timur. Luas wilayah seluruhnya adalah 1.478.741 Ha. Luas lahan tersebut dikelompokkan menjadi fasilitas umum, pemukiman, pertanian, perkebunan, dan kegiatan ekonomi lainnya. Dalam kehiduan social budayanya masyarakat Desa Bocek masih memegang teguh dalam hal budaya dan agama. Tak jarang ditemukan organisasi masyarakat yang masih dianut hingga saat ini. Penggunaan media gambar dalam pembelajaran merupakan bagian komponen dari metode pengajaran yang merupakan upaya untuk memungkinkan proses belajar yang bisa menarik perhatian siswa pada saat Pembelajaran, media gambar berfungsi memfasilitasi proses pembelajaran didasarkan pada keyakinan bahwa proses belajar dengan bantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan penggunaan media gambar diharapkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang huruf Alfabet, Huruf Hijaiyah, Angka, Nama-nama hari, bulan Masehi, bulan Hijriyah, dan lain-lain. semakin baik dan dapat menumbuhkan minat dan motivasi bagi siswa untuk belajar. Pelaksanaan membuat inovasi pembelajaran melalui media gambar ini dilaksanakan dari tanggal 17-23 Februari 2023. Setelah mengetahui permasalahan yang ada di RA, kemudian dilanjtkan dengan membuat program kerja yang bertemakan membuat inovasi pembelajaran melalui media gambar yang dimulai di minggu ketiga.

Keywords


media gambar; huruf; angka; nama hari

References


Agusrita, A., Arief, D., Bagaskara, R. S., & Yunita, R. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 604–609. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.408

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.31604/eksakta.v1i2.%25p

Astuti, S., Pramudiani, P., Masykuroh, K., & Ulfah, S. (2021). Sinergitas Guru Dan Orang Tua Dalam Integrasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 117–133. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.38898

Fatimah, Herawati, N., & Purwanti, E. (2019). Pengenalan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Menggunakan Media Gambar Pada Usia 5-6 Tahun di Raudlatul Athfal Darul Isitiqomah 2 Karang Anyar. AZZAHRA (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1), 53–68. http://www.ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/109

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Full Text: PDF | 157-161