Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
PERKECIL TINGKAT PUTUS SEKOLAH MELALUI EDUKASI PELUANG BEASISWA
Mohamad Bastomi, Adinda Nadillah Salsabila

Last modified: 2023-12-30

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah (1) meningkatkan motivasi siswa SD Negeri Wonoayu, Wajak Kabupaten Malang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, (2) menumbuhkan kesadaran pihak keluarga dalam memberikan dukungan terhadap anaknya agar mau melanjutkan pendidikan setelah lulus dari SD Negeri Wonoayu, Wajak Kabupaten Malang (2) siswa SD Negeri Wonoayu, Wajak Kabupaten Malang memiliki pengetahuan serta gambaran tentang pendidikan tingkat SMP sampai perguruan tinggi. Pelaksanaan kegiatan melalui metode sosialisasi, edukasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: (1) meningkatnya motivasi para siswa SD negeri Wonoayu, Wajak Kabupaten Malang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, (2) tumbuhnya kesadaran dari orangtua siswa untuk memberi dukungan dan kesempatan bagi anaknya dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, (3) siswa memperoleh pengetahuan dan gambaran tentang pendidikan tingkat SMP sampai perguruan tinggi

Keywords


pendidikan; kesadaran; pengetahuan; motivasi belajar; beasiswa

References


Afrinaval, G. &. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi . Jurnal EcoGen.

Anggraini, Y. P. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1571.

Anindita Audio Amilia, P. A. (2020). Gerakan Ayo Kuliah Program Keluarga Harapan untuk Memotivasi Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. COMMUNITY EMPOWERMENT, 180.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rieneka Cipta.

Hermawan, Y. S. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluaga, Lingkungan Kampus, . Jurnal Edukasi.

Husna, A. (2017). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara mudah menghitung. Jurnal Minda Baharu, 19-24.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. . Bandung: PT Remaja Rosda .

Nafisah, K. M. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Surabaya.

Nurdin, &. M. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar . Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Palupi, R. A. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi . Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 157-170.

Hasbullah. (2015). Dasar-dasar ilmu pendidikan. jakarta: Rajawali Pers.

Prita S. Nurcandrani, B. A. (n.d.). . Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto , 29.

Raditya, A. S. (2014). Alasan Rasional Lulusan SMK Berkuliah. Jurnal Paradigma. Vol 2, No 1, 3.

Suryana. (2017). Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Prespektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal edukasi, 2.

Usman, H. (2019). Pelatihan public speaking bagi siswa SMA Negeri 5 Barru. Jurnal Dedikasi,, 97-100.

Full Text: PDF | 515-521