Last modified: 2023-12-30
Abstract
Keywords
References
Afrinaval, G. &. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi . Jurnal EcoGen.
Anggraini, Y. P. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1571.
Anindita Audio Amilia, P. A. (2020). Gerakan Ayo Kuliah Program Keluarga Harapan untuk Memotivasi Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. COMMUNITY EMPOWERMENT, 180.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rieneka Cipta.
Hermawan, Y. S. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluaga, Lingkungan Kampus, . Jurnal Edukasi.
Husna, A. (2017). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara mudah menghitung. Jurnal Minda Baharu, 19-24.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. . Bandung: PT Remaja Rosda .
Nafisah, K. M. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Surabaya.
Nurdin, &. M. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar . Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Palupi, R. A. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi . Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 157-170.
Hasbullah. (2015). Dasar-dasar ilmu pendidikan. jakarta: Rajawali Pers.
Prita S. Nurcandrani, B. A. (n.d.). . Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto , 29.
Raditya, A. S. (2014). Alasan Rasional Lulusan SMK Berkuliah. Jurnal Paradigma. Vol 2, No 1, 3.
Suryana. (2017). Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Prespektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal edukasi, 2.
Usman, H. (2019). Pelatihan public speaking bagi siswa SMA Negeri 5 Barru. Jurnal Dedikasi,, 97-100.