INTEGRASI REBOISASI SEBAGAI UPAYA HOLISTIK DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
Jalaluddin Mubarok, Anisa Yasifatul Jannah, Nabilah Emma Mafiroh, Viviana Dwi Wardhani, Dio Iqbal, Muhammad Taufiqurrohman, Ah. Syaifudin Mahfud, Farisa Mina Hovi, Anisa Luthfi Amalia, Kharira Shafa Al-Jannah, Dimas Septya Prayudha, Muhammad Abdilah Hifni Mumataz, Mochammad Amirudin Al-Baihaqi
Last modified: 2023-12-30
Abstract
Tujuan dari KSM-T yaitu memberikan manfaat yang berarti bagi masyarakat dan mahasiswa yang memiliki kesempatan untuk mengembangkan sumber daya masyarakat dan mengdentifikasi masalah sosial yang dialami oleh warga di wilayah tersebut. Dengan keterlibatan aktif mahasiswa, Masyarakat merasakat seutuhnya nyata dari pemikiran inovatif dan upaya solutif yang membawa harapan baru. Di desa sajen ini terdapat ada banyak lansia yang bertujuan untuk menyehatkan para lansia. Selain Kesehatan, fisik, aspek sosial dari program senam juga tidak dapat diabaikan. Lansia sering menghadapi risiko isolasi sosial, yang dapat berdampak buruk pada kesejahteraan mental. Reboisasi memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, mengurangi dampak perubahan iklim, serta memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat. Pendidikan akan mampu untuk menata masa depan dengan bijaksana, dan dapat berfikir lebih kritis dalam memecahkan suatu masalah yang terjadi didalam kehidupannya. Oleh karena itu, hendaknya kita mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan tersebut bagi kelangsungan masa depan. Luaran yang diharapkan oleh kegiatan reboissasi yaitu Menjaga kelestarian Desa Sajen, memberikan manfaat penting bagi lingkungan desa Sajen. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan membantu sekolah dan TPQ yaitu memberikan ilmu atau wawasan baru kepada anak-anak dari sudut pandang yang berbeda, anak – anak semakin rajin dan memahami betapa pentingnya pendidikan, meningkatkan keagamaan dari mahasiswa dan anak-anak di TPQ tersebut.
Keywords
desa sajen; reboisasi; senam; pendidikan; tpq
References
Manihuruk, O. M. P. J. B., & Hariyana, N. (2022). Peran program kampus mengajar dalam meningkatkan komptensi sdn sepatan III kabupaten tangerang. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 316-324.
Merdekawaty, A., & Fatmawati, F. (2020). Pelatihan Manajemen Organisasi Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ). Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 3(2), 172-177
Nopiyanto, Y. E., Yarmani, Y., Pradita, I. A., Sulastri, S., & Bujang, J. S. (2021). Pelatihan Senam Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Lansia Dimasa Pandemi Covid-19 Di Desa Sidodadi. Jurnal Dharma Pendidikan dan Keolahragaan, 1(2), 9-14.
Putra, M. B., Baharsyah, A. M., Pambudi, D. E. W., Setiawan, B. A., Fahrisena, A. F., Suroso, S., & Aldo, D. (2022). Media Pembelajaran Animasi Reboisasi Hutan untuk Siswa kelas VIII SMA Telkom Puwokerto. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen), 10(1), 290-300
Sari, B. K., Herdajanti, A. F., Puspiyanti, R. Y., Shifa, D., Muzzamil, M. K., & Oktafiyani, M. (2021). Video Animasi 2D sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Bahasa Arab pada TPQ Al Huda Wonodri Semarang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 117-126.
Siregar, R. A., & Batubara, N. S. (2022). Penyuluhan tentang senam sehat pada anak di SDN Desa Labuhan Lebo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara tahun 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 4(1), 51-55.
Tamim, M. H., & Nopiana, R. (2020). Senam sehat dalam meningkatkan imun tubuh pada masa pandemi Covid 19 di Desa Peringgasela Selatan. Lentera negeri, 1(1), 32-36
Wira, T. S., Cece, C., & Setiono, A. (2022). Kegiatan Reboisasi Hutan Kota Kanal Bantaran Sungai Deli Kota Medan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi, 1(1), 36-40
Witono, A. H., & Istiningsih, S. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Mengajar Siswa Slow Learner Di Kelas IV SDN 2 Karang Bayan.
Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 57-65.