Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM SERTA DAYA TARIK PARIWISATA
Jalaluddin Mubarok, Dicky Prayoga, Muhamad Yuda Pratama, Moudita Nafianti Reska, Khaulatur Rizkiya, Soraya Nabila, Imrok atul Makrufa, Ilham Rizalladha Akbar, Muhammad Gilang Ramadhan, Nurhalisah Nurhalisah, Illaina Septia Ningrum, Hendy Cahya Ramadhan, Muhammad Fahmi Ilmi

Last modified: 2023-12-29

Abstract


Strategi pemasaran dan media yang tepat digunakan untuk bisa meraih pasar yang ditargetkan sehingga volume penjualan selalu meningkat dan profit. Dampak yang paling nyata adalah selain dikenal juga dapat meningkatkan volume penjualan dan profit. Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang sangat besar memberikan pengaruh. Perkembangan teknologi informasi sangat berkembang pesat. Berbagai kegiatan bisnis kecil sampai besar memanfaatkan perkembangan ini untuk menjalankan usahanya. Banyaknya competitor menjadi pertimbangan bagi para pengusaha untuk masuk dalam persaingan yang sangat ketat. Pada desa Sajen terdapat beragam UMKM yang dimiliki oleh masyarakat desa, namun pemasaran menggunakan teknologi yang dilakukan masih belum dimaksimalkan. Digital marketing dipandang sebagai media yang paling baik sebagai sarana promosi yang paling efektif dan efisien serta mampu meningkatkan volume penjualan yang signifikan.

Keywords


strategi pemasaran; umkm; digital marketing

References


Waruwu, S., Mendrofa, Y., & Gulo, S. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 286-294.

Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Satwam, I. K. S. B. (2021). Perancangan katalog produk untuk meningkatkan penjualan umkm. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2615-2624.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., ... & Hantoro, S. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan kewirausahaan dan pemasaran digital pada BUMDES Blulukan Gemilang. Kumawula: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 4(1), 8-14.

Buchari, R. A., & Darmawan, I. (2020). Peningkatan Potensi Kewirausahaan Produk Lokal Melalui Pemasaran Digital Desa Cikeruh Jatinangor. Sawala J. Pengabdi. Masy. Pembang. Sos. Desa dan Masy, 1(2), 51.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.

Harto, B., Rozak, A., & Rukmana, A. Y. (2021). Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 7(1), 67-74.

Sopiyan, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 249-258.

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9-14.

Widiastuti, T. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Peningkatan Penjualan Jajan Tradisional UMKM di Kelurahan Mlatibaru Semarang. Jurnal Riptek, 15(1), 64-69.

Full Text: PDF | 409-413