Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
OPTIMALISASI OMSET PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING
Abdullah Syakur Novianto, Moh. Abu Ali Winarno, Jihan Nabila Qotrunnada, Oki Wahyudi, Lusy Sukmawati, Lydia Putri Irdawati, Fani Oktavia, Samuriah Samuriah, Chelsea Nur Fadilah, Iwansyah Iwansyah, Ahmad Angger Muzaky, Mohammad Roisul Amin

Last modified: 2023-12-29

Abstract


Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk meningkatkan penjualan dan laba mereka. Dihadiri oleh peserta UMKM Desa sumberpetung, metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah; pertama, penjelasan menggunakan sosial media; kedua, berbagi pengalaman dan diskusi; dan terakhir, praktik langsung membuat akun media sosial (Facebook dan Instagram) dan cara membuatnya menarik bagi pembeli (gambar, kata-kata, cerita). Hasilnya menunjukkan bebarapa pelaku usaha secara aktif menggunakan media sosial sebagai alat promosi mereka dan mereka belum memisahkan akun toko online mereka dengan akun pribadi mereka, beberapa orang lain menggunakannya sesekali, dan sisanya peserta tidak pernah menggunakan pemasaran media sosial karena kurangnya teknologi ketrampilan. Semua peserta menunjukkan minat besar untuk menggunakan pemasaran media sosial secara terus menerus.

Keywords


digital marketing; sosial media; umkm

References


Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework. Review and Research Agenda.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, No. 2).

Novianto, A., Irbad, Y., Wahyuningsah, K., Ermawati, Prihatiningrum, N., Ramli, S., . . . Rahwansyah, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Pembukuan Sederhana Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM. Pena Dimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6-9.

Novianto, A., Masrukhan, A., Zakariya, I., Iksan, Muhamad, A., Wardani, N., . . . Arifin, S. (2021). Edukasi Masyarakat Melalui Program Sosialisasi Vaksinasi di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 137-141.

OJK. (2008, Juli 4). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah. Diambil kembali dari OJK: https://ojk.go.id/waspada-investasi/id/regulasi/Pages/Undang-Undang-Nomor-20-Tahun-2008-tentang-Usaha,-Mikro,-Kecil,-dan-Menengah.aspx

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 46-53.

Full Text: PDF | 423-431