PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PRODUK PUPUK ORGANIK KEMIRI COMPOST (POK-COMPOST)
Dadang Krisdianto, Afifur Rohman, Riski Awalia, Fika Aini Nabila
Last modified: 2023-12-28
Abstract
Produk dari KSM-TEMATIK Desa Kemiri adalah POK-Compost. Produk tersebut merupakan pupuk organik yang ramah lingkungan dan memiliki manfaat yang baik bagi tanah dan tanaman. Produk yang sangat potensial tersebut akan lebih menguntungkan secara finansial apabila dipasarkan. Oleh karena itu kegiatan melatih pemasaran digital kepada Masyarakat Desa Kemiri sangat perlu dilakukan. Pelatihan pemasaran digital dilakukan dengan metode mempraktekan secara langsung dengan membuat konten pemasaran digital melalui media sosial Instagram dan whatsapp. Masyarakat dapat merencanakan pesan melalui media sosial untuk mendapatkan umpan balik penilaian terkait kualitas produk secara digital. Masyarakat juga mampu melakukan transaksi secara online pasca pelaksanaan kegiatan pengenalan dan strategi pemasaran khususnya dalam memanfaatkan media sosial. Kegiatan ini membawa dampak yang positif ditunjukkan dengan adanya masyarakat telah memanfaatkan platform sosial instagram dan whatsApp sebagai media pemasaran secara online, melakukan transaksi secara online dengan customer ataupun dengan rekanan resellers serta mempunyai jejaring resellers di platform media sosial dari beberapa Dusun di Desa Kemiri.
Keywords
ksm-tematik; pok-compost; desa kemiri; pemasaran digital
References
Andrietya L A, Pujiati A dan Setyadharma A (2020). Determinants of Poverty in Central Java Province 2013-2018. Journal of Economic Education 9 (1) 2020 :81-88
Meriatna, M., Suryati, S., & Fahri, A. (2019). Pengaruh Waktu Fermentasi dan Volume Bioaktivator EM4 (Effective Microorganisme) pada Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah BuahBuahan. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 7(1), 13-29.
Putra, I dan M. Jalil. 2015. Pengaruh Bahan Organik Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Pada Lahan Kering Masam. Jurnal Agrotek Lestari 1 (1): 27-34.
Pujiati, S., Pertiwi, A., Silfia, C. C., Ibrahim, D. M., & Nur Hafida, S. H. (2020). Analisis Ketersediaan, Keterjangkauan Dan Pemanfaatan Pangan Dalam Mendukung Tercapainya Ketahanan Pangan Masyarakat Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(2), 123. https://doi.org/10.20956/jsep.v16i2.10493
Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 1–14. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/25
Nainggolan, C.,& Sari, D (2020). Kepentinangan Asing, Aktivitas Internasional, dan Thin Capitalization: Pengaruh terhadap Agresivitas Pajak Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 19 (2), 147. https ://doi.org/10.20961/jab.v19i2.421